Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Ekobis: Selama Ramadan, Blibli Catat Pertumbuhan Positif - Wednesday, 12 May 2021 11:51
Entertainment: Film Tarian Lengger Maut Tayang Serentak di Bioskop 13 Mei... - Wednesday, 12 May 2021 11:49
nusantara: Ustd Tengku Zulkanain Meninggal Dunia Diduga Karena Covid-19 - Tuesday, 11 May 2021 00:01
Metro: 100 Jurnalis Mendapatkan Paket Sembako Dari YPJI - Monday, 10 May 2021 23:57
Entertainment: ASIA 87 BAND Rilis Single “Lebaran yang Berbeda” - Monday, 10 May 2021 23:13
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

Tekno

ECOVACS ROBOTICS Memperkenalkan DEEBOT T9 9-dalam-1 di Indonesia

Jakarta. Harianasional.com-ECOVACS ROBOTICS, pembuat robot layanan rumah terkemuka di dunia, meluncurkan DEEBOT T9 pada hari ini, model pertama dengan pembersih vakum robotik cerdas 9-dalam-1 yang mampu menghindari rintangan dan menggabungkan fungsi penyedot debu dan mengepel yang hebat dengan penyegar udara lincah yang terpasang. DEEBOT T9 yang ditingkatkan ini memiliki fitur-fitur canggih yang lebih bertenaga dan lebih pintar daripada sebelumnya.

DEEBOT T9 meningkatkan standar pembersihan rumah dengan 9 fiturnya yang menakjubkan, termasuk teknologi TrueDetect 3D 2.0 terkemuka dari ECOVACS yang mampu pendeteksi dan menghindari rintangan strategis secara Real time; TrueMapping 2.0 untuk navigasi yang tepat; Aplikasi ECOVACS HOME yang ditingkatkan dengan Peta 3D, dan Sistem Pel Osilasi Elektrik OZMO™ Pro 2.0 yang memastikan noda membandel dihilangkan dengan lebih efisien dan senyap, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"Kami terus mencermati permintaan pasar dan ada indikasi yang jelas bahwa konsumen menginginkan produk pintar yang menjadikan perawatan rumah jauh lebih sederhana, melakukan pekerjaan sebanyak dan selengkap mungkin, sekaligus. ECOVACS berkomitmen untuk memberikan pengalaman pembersihan terkini yang pintar dan unik kepada konsumen," tutur David Qian, Pejabat Eksekutif Tertinggi, ECOVACS ROBOTICS.  "Kami telah memperkenalkan teknologi generasi baru kami, yang digabungkan dengan beberapa fitur sambil menambahkan lebih banyak lagi ke DEEBOT T9 kami untuk memastikan tiap inci dan permukaan lantai berada dalam jangkauan. DEEBOT Kami yang Terbaik Kini makin Baik."

Aplikasi ECOVACS HOME yang Ditingkatkan dengan Teknologi Penghindar Rintangan dan Navigasi yang Lebih Baik

Teknologi TrueDetect 3D 2.0 hadir dengan algoritme yang diperbarui untuk mendeteksi berbagai jenis rintangan dengan cepat  dan menghindarinya secara strategis. DEEBOT T9 dapat mendeteksi objek yang berukuran hingga hitungan milimeter, yang sepuluh kali lebih akurat daripada produk yang menggunakan teknologi infra-merah tradisional, dengan jangkauan deteksi 70-350 milimeter. Selain itu, DEEBOT T9 dapat menavigasi dengan lancar di berbagai lingkungan dalam ruangan dan kondisi pencahayaan tanpa gangguan apa pun, bahkan saat gelap total. Teknologi TrueDetect 3D 2.0 memungkinkan robot pembersih vakum menghindari tabrakan, belitan, atau gangguan, sehingga pengguna tidak perlu memantau robot dan membersihkannya terus-menerus.

Menggabungkan TrueDetect 3D 2.0 dan TrueMapping 2.0 dengan Peta 3D menghadirkan level efisiensi dan fleksibilitas pembersihan otomatis yang sama sekali baru bagi pengguna. Mereka dapat menemukan posisi persis robot penyedot debu dengan cepat melalui Peta 2D dan 3D. Mereka juga dapat mengelola seluruh tugas pembersihan dengan cepat, dengan beralih antara Peta 2D dan 3D dengan Aplikasi ECOVACS HOME yang telah ditingkatkan.

Aplikasi ECOVACS HOME baru ini dirancang untuk penggunaan intuitif, meningkatkan pengalaman pengguna, dan memperkuat citra merek ECOVACS. Aplikasi ini mudah dinavigasi, menawarkan rute pembersihan yang optimal kepada pengguna. Interface tersebut mengintegrasikan semua fitur umum sehingga pengguna dapat mengakses fungsi-fungsi yang penting dengan mudah. Mereka dapat menyesuaikan jumlah air yang digunakan, daya isap, waktu pembersihan, dan rute untuk ruangan yang berbeda.

Pengalaman Pembersihan Mewah dengan Penyegar Udara Bawaan

DEEBOT T9 merupakan yang pertama di industri ini, yang membersihkan lantai dan menyegarkan udara pada saat bersamaan. Terhubung dengan sistem DEEBOT yang lincah, penyegar udara menghadirkan pengalaman membersihkan dan keharuman kepada pengguna, yang jauh melebihi pembersihan tradisional.

Desain unik penyegar udara mengeluarkan wewangian ke lantai secara langsung untuk menghilangkan bau apek dan bau hewan peliharaan, sementara kipas di bagian bawah unit penyegar udara menyebarkan aroma tersebut secara merata.

Penyegar udara tersebut menggunakan kapsul yang bisa diganti, yang tahan hingga 60 hari, dengan tiga jenis wewangian. Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan penyegar udara menggunakan Aplikasi ECOVACS HOME, dan memperpanjang masa pakainya.

Performa Pembersihan Mendalam yang Kuat dengan OZMO™ Pro 2.0 dan Kompatibilitas Auto-Empty Station

DEEBOT T9 hadir dengan Sistem Pel Osilasi Elektrik Pro 2.0 OZMO™ terbaru dengan desain mesin baru dan struktur gerakan yang meminimalkan suara bising.

Daya isap yang ditingkatkan sebesar 3000 Pa juga meningkatkan standar dalam kinerja pembersihan. Struktur serat kaca berkekuatan tinggi mempertahankan agar daya isapnya tetap konsisten saat menyedot debu di atas lantai keras dan karpet. Getaran frekuensi tinggi hingga 480 kali per menit meningkatkan kinerja mengepel, menjadikannya sebanding dengan pel listrik.

DEEBOT T9 menggunakan bantalan pel sekali pakai yang bisa langsung dibuang dengan aman setelah membersihkan. Serat mikro yang dirancang khusus menyerap air secara merata, menangkap debu secara efisien, dan mengurangi noda air yang tersisa. Struktur komposit meningkatkan gesekan antara bantalan pel dan lantai, serta membantu Sistem Pel Osilasi Elektrik Pro 2.0 OZMO™ menghilangkan noda membandel di lantai secara efektif.

Perangkat berdaya lebih tersedia untuk DEEBOT T9 yang makin meningkatkan kinerja pembersihan dan pengalaman pengguna. Auto-Empty Station, yang membersihkan tempat sampah robot secara otomatis setelah dibersihkan dengan hanya sedikit campur tangan manusia, juga kompatibel dengan DEEBOT T9.

 

Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Platform Digital selama Ramadan

Jakarta.Harianasional.com-Selama bulan Ramadan, umat Islam diajarkan untuk sabar dan saling berbuat baik. Di era digital saat ini, menjaga sikap di dunia online menjadi sangat diperlukan, di mana kita perlu menjaga hati baik untuk diri sendiri dan juga untuk sesama warga digital lainnya. TikTok sebagai platform inklusif bagi siapa pun untuk mengekspesikan kreativitasnya, membagikan sejumlah tips dalam memanfaatkan fitur-fitur keamanan yang ada di TikTok, agar tercipta lingkungan internet yang aman dan nyaman bagi semuanya.

Menikmati pengalaman di internet, secukupnya

Larangan mudik dan pembatasan kegiatan di berbagai tempat diperkirakan akan meningkatkan aktivitas di internet. Namun perlu diingat, terlalu lama berkutat di internet dapat berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya mata kering, pusing, atau sakit pada pergelangan tangan. Belum lagi jika secara mental, kita sudah terlalu sering membicarakan hal-hal yang terjadi di dunia maya. Di sini, TikTok menyarankan untuk menggunakan fitur Kesejahteraan Digital, di mana pengguna bisa membatasi waktunya di layar dengan mengatur durasi tertentu. Jika waktunya sudah habis, secara otomatis aplikasi TikTok akan ter-logout dan memberikan semacam 'pengingat' kepada sang pengguna untuk berisitrahat.

Menjaga hati selama beribadah

Selama bulan puasa, kesabaran adalah hal utama yang diuji. Bukan hanya kesabaran menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan amarah. Terkadang komentar atau konten di platform digital bisa mempengaruhi emosi. Untuk membantu menumbuhkan rasa nyaman saat mengunggah dan menikmati konten di platform, pengguna TikTok dapat memanfaatkan fitur Saring Semua Komentar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan komentar mana yang akan muncul di videonya. Saat diaktifkan, komentar tersebut tidak akan muncul, kecuali diperbolehkan oleh penggunanya, menggunakan alat pengaturan komentar terbaru.

Berucap baik kepada warga digital

Di platform digital, dimana semuanya memiliki kesempatan untuk berekspresi, kadang kita akan menemukan konten yang tidak kita sukai atau tidak sependapat. Namun, bukan berarti kita bisa memberikan komentar buruk yang bisa berdampak negatif kepada warga digital lainnya, terutama di bulan Ramadan yang menjadi saat tepat untuk menumbuhkan kebiasaan baik. Untuk membantu mengingatkan pengguna sebelum mengunggah suatu komentar, TikTok menghadirkan fitur khusus yang akan memberikan pesan pop-up untuk mengajak pengguna berpikir sekali lagi sebelum benar-benar meng-klik tombol komentar.

Saring sebelum sharing

Kalimat ini sering diucapkan belakangan ini, di tengah banyaknya informasi di dunia maya yang tercampur antara berita yang akurat dengan fake news. Bulan Ramadan dan hari Lebaran pun diperkirakan akan terjadi arus informasi yang luar biasa, seperti berita soal mudik dan kondisi di kampung halaman. Di sini TikTok kembali mengingatkan penggunanya untuk memperhatikan sumber video dan memastikan keakuratan informasi sebelum membagikannya kepada orang lain ataupun me-repost. Pengguna bisa mengakses akun-akun kantor berita yang ada di TikTok untuk mendapatkan informasi yang kredibel, ataupun mem-follow akun sejumlah kementerian yang ada di TikTok untuk memperoleh kabar resmi.

"Di masa ini, teknologi menyatukan keluarga, kerabat, dan teman, serta memperkaya kehidupan kita dalam berbagai cara. Sebagai bagian dari dunia yang terkoneksi, kami pun mendorong komunitas kami untuk bertanggungjawab dalam menggunakan internet secara aman, cerdas, dan baik," kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations - TikTok Indonesia. "Menyediakan lingkungan aplikasi yang aman dan nyaman, yang memungkinkan ekspresi kreatif, merupakan prioritas kami. TikTok pun akan terus memperkuat keamanan kami untuk para pengguna, membangun tools yang menyediakan kontrol kepada komunitas untuk membentuk pengalaman mereka, serta terus mendengarkan masukan dari komunitas dan para ahli."

Selama bulan Ramadan ini, TikTok mengajak pengguna untuk merayakan bulan suci dengan mengunjungi pasar rakyat virtual di program #SamaSamaBerbagi. Program ini bertujuan menghadirkan pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 5 April hingga 16 Mei 2021 ini, TikTok melibatkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk sama-sama berbagi, melalui berbagai kegiatan menarik, seperti tantangan berhadiah jutaan rupiah, berbelanja di Ramadan Live Sessions, menikmati musik dan stiker khusus Ramadan, serta berbagai keseruan lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai program #SamaSamaBerbagi dapat dilihat di sini.

 
 

ECOVACS ROBOTICS Memperkenalkan DEEBOT N8 Family di Indonesia

Jakarta.Harianasional.com-26 April 2021 - ECOVACS ROBOTICS, pembuat robot layanan rumah terkemuka di dunia, mengumumkan peluncuran DEEBOT N8 Family di Indonesia hari ini, menghadirkan pengalaman pembersihan otomatis dan efektif yang unggul bagi pelanggan. DEEBOT N8 PRO diberdayakan oleh teknologi deteksi dan penghindaran rintangan 3D TrueDetect mutakhir milik ECOVACS, sementara seluruh N8 Family dilengkapi dengan teknologi pemetaan dan navigasi berbasis laser yaitu TrueMapping, beserta kompatibilitas Auto-Empty Station, DEEBOT N8 Family menghadirkan pengalaman membersihkan yang mengurangi interaksi manusia secara langsung, menyediakan lingkungan yang aman dan bebas repot bagi keluarga. DEEBOT N8 Family hadir dalam tiga model: N8 PRO, N8, dan N8+

Teknologi 3D TrueDetect memungkinkan deteksi objek yang tepat untuk pembersihan tanpa gangguan

Sebagai model utama dari rangkaian produk ini, DEEBOT N8 PRO dilengkapi dengan teknologi 3D TrueDetect ECOVACS yang menggunakan teknologi cahaya terstruktur 3D dan algoritme pemindaian 3D, memungkinkan robot untuk memindai sekeliling ruangan dengan presisi tinggi dan mendeteksi bahkan rintangan terkecil untuk menghindari tabrakan, menjadi macet atau terbelit. DEEBOT N8 PRO menghindari dan membersihkan sekitar perabot dan objek seperti sepatu, kabel kawat, dan mainan kecil. Produk ini dapat memindai kedalaman dan jarak dengan tepat untuk membuat gambaran 3D dari ruang dan objek dengan cepat dan akurat hingga ke level milimeter. Kemampuan deteksi objeknya 10X lebih akurat daripada teknologi infra merah tradisional yang biasa digunakan. Kemampuan untuk memindai permukaan gelap juga telah ditingkatkan, meningkatkan kemampuan robot untuk mengenali perabot dan objek berwarna gelap untuk menghindari tabrakan, dan juga tidak sampai melewatkan karpet berwarna gelap.

Memetakan Rumah dengan Cakupan 2x dan Akurasi 4x menggunakan Teknologi True Mapping

Dengan teknologi pemetaan dan navigasi berbasis laser TrueMapping, peta lantai dapat dibuat dalam hitungan detik. Produk DEEBOT N8 dapat menavigasi rumah pengguna dengan cerdas, memilih kamar dan lantai mana yang akan dibersihkan, dan menyesuaikan jalur pembersihan yang optimal untuk masing-masing lantai.

Deteksi laser dToF DEEBOT N8 Family telah menggandakan kemampuan pengenalan jarak dua kali lipat dengan peningkatan empat kali lipat dalam pengenalan objek. Jarak deteksi ditingkatkan menjadi 10 meter, dengan kemampuan mendeteksi objek sekecil dua milimeter. Terintegrasi dengan algoritme terdepan di industri, N8 Family dapat memindai, memetakan, dan merencanakan jalur pembersihan efisien dengan lebih cepat dan tepat, menghadirkan manfaat yang besar untuk rumah yang lebih luas. Fungsi Virtual Boundary™ dapat dikontrol melalui Aplikasi ECOVACS Home, yang memungkinkan pengguna membatasi robot untuk memasuki dan membersihkan area tertentu, jika pengguna membutuhkan privasi.

Kinerja pembersihan yang lebih bertenaga dengan daya isap 2600 Pa yang telah ditingkatkan

Sistem Retensi Tekanan Revolusioner menghasilkan efisiensi energi dan tekanan pengisapan tinggi dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah. Dengan mode Max+, daya isap DEEBOT N8 PRO ditingkatkan hingga 2600 Pa (N8, N8+ hingga 2300 Pa), memberikan hasil pembersihan yang lebih baik dengan daya isap ekstra.

OZMO™ menyedot debu dan mengepel lantai sekaligus

DEEBOT N8 Family dibuat dengan pompa air dan tangki air yang dikendalikan secara elektronik, dan bisa digunakan untuk mengepel dan menyedot debu sekaligus. Sistem Pel OZMO™ khas ECOVACS dapat membersihkan seluruh rumah secara efisien tanpa perlu berhenti berulang kali untuk mengisi tangki air. Sensor pada DEEBOT N8 Family beralih secara otomatis antara mode mengepel atau menonaktifkan peredaman kain, untuk menjamin proses pembersihan yang lebih aman dan lebih menyeluruh. Tanpa penyangga kain, tangki air tidak akan bocor meskipun sudah penuh. Pengguna dapat mengatur air yang dikeluarkan secara manual melalui Aplikasi ECOVACS HOME.

DEEBOT N8 Family juga dilengkapi dengan bantalan pel sekali pakai yang ditingkatkan, yang dapat menghilangkan noda secara efektif dan menjaga agar lantai tetap bersih. Alat ini dapat menghilangkan lebih dari 99% bakteri bersamaan dengan penggunaan teknologi Pel dari OZMo.

Kendali Cerdas untuk Manajemen Pembersihan Jarak Jauh

DEEBOT N8 Family menghadirkan sistem pembersihan rumah otomatis ke tingkat yang lebih canggih dengan Aplikasi ECOVACS HOME. Baik di ponsel pintar ataupun dengan perangkat rumah pintar seperti Amazon Echo/Dot dan Google Home, pengguna dapat memilih jadwal pembersihan yang optimal untuk rumah mereka. Fungsi pemetaan lanjutan yang ditingkatkan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan rencana pembersihan untuk tiap ruangan, beralih ke beberapa mode pembersihan, dan menyimpan peta untuk beberapa lantai sekaligus. Mereka dapat mengontrol robot, menjadwalkan rencana pembersihan, dan memantau status dari jarak jauh.

Nikmati pembersihan otomatis melalui kompatibilitas dengan Auto-Empty Station

Sebagian besar pembersih vakum robotik konvensional yang beredar di pasaran saat ini memerlukan pengosongan tempat sampah secara manual, membosankan, dan kadang-kadang tidak higienis. Aksesori Auto-Empty Station ini dilengkapi dengan kantong debu sekali pakai bervolume besar 2,5L, dibuat dengan pegangan kertas alami, yang mengurangi kebutuhan secara dramatis untuk sering mengosongkan tempat sampah secara manual hingga 30 hari.

Auto-Empty Station dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menggunakan Aplikasi ECOVACS HOME, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fitur ini sudah disertakan dalam DEEBOT N8+, dan merupakan opsi tambahan untuk N8 PRO dan N8.

Harga dan Ketersediaan

Harga retail DEEBOT N8 PRO yang dianjurkan sebesar Rp6.990.000. Model ini akan tersedia secara resmi di Shopee dengan harga khusus sebesar Rp6.690.000 dengan voucer diskon sebesar Rp200.000, serta paket hadiah gratis pada tanggal 17 hingga 18 April 2021 dalam ECOVACS X Shopee Brand Day.

Produk ini juga tersedia di Lazada, Tokopedia, dan Blibli mulai tanggal 19 April 2021 dan seterusnya dengan voucer diskon sebesar Rp200.000 serta paket hadiah gratis sebagai promosi peluncuran hingga tanggal 22 April 2021.

Harga retail yang dianjurkan untuk DEEBOT N8 dan N8+ masing-masing sebesar Rp5.490.000 dan Rp7.990.000 di toko Global Lazada mulai tanggal 22 April 2021.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi ecovacs.com atau terhubung dengan kami di Facebook dan Instagram.

 
 

Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Alcatel-Lucent Enterprise, provider terkemuka untuk komunikasi, jejaring, dan solusi awan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, menggelar Asia Pacific (APAC) Government Experience Day 2021 – sebuah event virtual yang membahas peran transformasi digital dalam roadmap pemulihan ekonomi (14/4).

Sampai detik ini, berbagai negara termasuk Indonesia, masih terus berjuang melawan pandemi Covid-19. Krisis kesehatan akibat pandemi global secara tidak langsung mempercepat segala hal yang berkaitan dengan digital dan mendorong pemanfaatan teknologi digital secara masif. Bekerja dari rumah (work from home) dan pembelajaran jarak jauh menjadi kegiatan normal baru yang dijalani oleh masyarakat.

“Pandemi mendorong percepatan transformasi digital di seluruh lapisan masyarakat di dunia. Sejak tahun lalu, pemerintah dan pelaku bisnis melakukan berbagai inovasi agar tetap bertahan dan menjaga agar aktivitas masyarakat tetap berjalan. Tahun ini diperkirakan menjadi tahun kebangkitan di berbagai sektor dan kami berharap PDB negara-negara di Asia Pasifik bisa naik sekitar 3-8%,” ujar Pierre Samson, Senior VP Alcatel-Lucent Enterprise, APAC, saat membuka webinar Government Experience Day 2021.

Fatima Elleouet, Head of Business Development Government, Alcatel-Lucent Enterprise, mengatakan pandemi telah mendorong percepatan transformasi digital secara signifikan. Sebuah survei dari McKinsey menyatakan produk atau layanan yang beralih ke digital bahkan mengalami percepatan antara 7 - 10 tahun. Tren bekerja dari rumah (WFH) ikut membantu akselerasi transformasi digital, tidak hanya di Asia Pasifik tetapi di seluruh dunia.

“Untuk melanjutkan upaya digitalisasi, negara-negara di dunia memerlukan dukungan digital dan kepatuhan dari tingkat teratas hingga terbawah agar bisa terlibat dengan lebih baik dan fokus ke masa depan. Untuk membentuk fondasi masa depan digital diperlukan dukungan jangka panjang, kerjasama antar lembaga atau antar negara, dan saling berbagi pengetahuan,” ujar Damien Delard, Southeast Asia, Hong Kong, Taiwan and Japan Vice President of Sales, Alcatel-Lucent Enterprise.

Terkait upaya ke depan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengatakan, “Pemerintah Indonesia bersiap membuat ekosistem digital nasional dengan fokus pada penguatan infrastruktur digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital. Pemerintah juga mendukung terciptanya ekosistem digital inklusif. Era digital baru ini menciptakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas masyarakat Indonesia, dan menjadi landasan untuk bangkit dari dampak Covid-19.”

Ia juga menekankan pentingnya pembangunan kapasitas SDM digital di Indonesia untuk mendukung transformasi digital. “Kita memerlukan strategi yang komprehensif agar masyarakat memiliki kesadaran akan manfaat dari transformasi digital,” ujar Johnny.

Pentingnya edukasi mengenai manfaat transformasi digital juga diungkap oleh Dirk Dumortier, Head of Business Development Smart City and Healthcare, ALE APAC. Menurutnya, bila masyarakat sudah mengetahui dan merasakan manfaatnya, transformasi digital akan berjalan lebih efektif. “Selain memberikan akses, kita juga perlu menginformasikan mengenai manfaat dari transformasi digital. Layanan kesehatan bagi masyarakat terpencil, misalnya, kini bisa dilakukan melalui teleconference,” ujarnya

 
 

ALE Dukung Percepatan Transformasi Teknologi Untuk Bangkit dari Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Pandemi Covid-19 yang berjalan kurang lebih 7 bulan telah mengubah total aktivitas masyarakat. Salah satu hal yang paling jelas terlihat adalah masifnya pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Dibatasinya kegiatan tatap muka di hampir seluruh bidang memaksa masyarakat beralih ke dunia digital atau dunia virtual. Di satu sisi, hadirnya pandemi mempercepat pengadopsian teknologi digital di masyarakat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, mengatakan terjadinya pandemi menjadi pendorong untuk melakukan transformasi di berbagai bidang di Indonesia. Hal ini ia katakan saat menjadi Keynote Speaker webinar ALE GovDay 2020 dengan tema Reshaping Indonesia Connected Government. Kegiatan yang berlangsung pada 10 - 11 November 2020 ini membahas bagaimana peran teknologi di masa pandemi dan langkah-langkah apa saja yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah, pihak swasta, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Beberapa langkah yang telah dilakukan pemerintah antara lain penyediaan jaringan backbone fiber optik ke seluruh ibukota kabupaten/kota melalui proyek Palapa Ring, pengembangan pusat data nasional, pengembangan jaringan intra-pemerintah, inisiasi penuntasan infrastruktur digital hingga ke pedesaan (program Last Mile), dan lain-lain. Program Last Mile diharapkan selesai pada tahun 2022 dengan menghadirkan sinyal 4G di 12.500 desa yang belum tersentuh layanan sinyal 4G.

Ia mengatakan percepatan digital juga dilakukan di berbagai bidang lain seperti kesehatan, keuangan, lingkungan, dan lain-lain. Di bidang kesehatan misalnya melalui tele-medicine atau pelayanan kesehatan jarak jauh terutama di daerah yang tenaga kesehatannya belum memadai. Di bidang lingkungan, pemanfaatan digital bisa dilakukan untuk melakukan pendataan potensi kebakaran, topografi, dan lain-lain. “Manfaat transformasi digital harus bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia,” tegas Suharso.

Selain infrastruktur, faktor lain yang juga penting adalah tersedianya SDM digital yang mumpuni. Menurut Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional, Ilham Habibie, pemerintah perlu memfasilitasi kolaborasi antara industri dengan perguruan tinggi. Saat ini, Indonesia masih memerlukan sekitar 9 juta talenta digital demi memenuhi kebutuhan terkait transformasi digital. Pemerintah juga perlu meningkatkan kualitas lembaga sertifikasi nasional TIK sebagai sarana percepatan SDM talenta digital di Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya pembentukan National Government Chief Information Officer (NGCIO) yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan CIO institusi (lembaga/kementerian).

 

 

 
 

Page 1 of 27

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jakarta. Harianasipnal.com-Tahukah Anda mengapa Liberte, Egalitie, Fraternite menjadi The National Motto...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

ECOVACS ROBOTICS Memperkenalkan DEEBOT T9 9-dalam-1 di Indonesia

Jakarta. Harianasional.com-ECOVACS ROBOTICS, pembuat robot layanan rumah terkemuka di dunia, meluncurkan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Pertengahan Maret 2020, dunia pendidikan mengalami perubahan secara drastis....

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Menuju Dua Tahun Dalam Pandemi, UD Trucks Mengukuhkan ‘Ultimate Dependability’ seiring dengan upaya ‘Go Green’ untuk Indonesia

Menuju Dua Tahun Dalam Pandemi, UD Trucks Mengukuhkan ‘Ultimate Dependability’ seiring dengan upaya ‘Go Green’ untuk Indonesia

Jakarta.Harianasional.com-Di masa pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama 2 tahun ini, tantangan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com