Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Ekobis: Selama Ramadan, Blibli Catat Pertumbuhan Positif - Wednesday, 12 May 2021 11:51
Entertainment: Film Tarian Lengger Maut Tayang Serentak di Bioskop 13 Mei... - Wednesday, 12 May 2021 11:49
nusantara: Ustd Tengku Zulkanain Meninggal Dunia Diduga Karena Covid-19 - Tuesday, 11 May 2021 00:01
Metro: 100 Jurnalis Mendapatkan Paket Sembako Dari YPJI - Monday, 10 May 2021 23:57
Entertainment: ASIA 87 BAND Rilis Single “Lebaran yang Berbeda” - Monday, 10 May 2021 23:13
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pentingnya Keterampilan dan Kreatifitas di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Satu tahun sudah pandemi masuk ke wilayah negara Indonesia. Satu tahun itu pula semua sektor mengalami kerugian besar. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang harus di PHK dan dirumahkan. Mereka hanya menerima setengah dari pendapatan bulanan mereka, bahkan tidak sedikit yang benar-benar tidak memiliki pemasukan sama sekali. Keadaan ini menuntut keterampilan dan kreativitas mereka untuk dapat bertahan dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi ini.

 

Dalam bentuk adaptasi, banyak sekali perubahan-perubahan signifikan yang dapat kita lihat dan   rasakan.   Penetapan   peraturan   Pembatasan   Sosial   Berskala   Besar   atau   PSBB   membuat banyak bidang berinovasi. Misal saja dengan restoran yang menyediakan layanan delivery, home service dan membuat menu makanan cepat saji yang dapat diolah di rumah dengan bentuk frozenfood.

Dengan inovasi tersebut mereka dapat bertahan selama masa pandemi. Selain itu banyak toko-toko   yang   memasarkan   produk   mereka   melalui   pasar   digital.   Konsumen   dapat   dengan leluasa   memilih   produk   yang   mereka   jual   melalui   gawai   dan   pembayaranpun   melalui   uang elektronik. Hal itu mendukung peraturan pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi bepergian keluar rumah.

Ingat para penyanyi opera di Italia yang bernyanyi di balkon apartemen dan diikuti oleh semua penghuni apartemen lain untuk bernyanyi bersama? Ide yang sama juga terjadi di Wuhan,kota  yang   kuat  dengan   kehidupan   malamnya. Mereka  akhirnya   memiliki  acara  reality   show Home Karaoke Station, lengkap dengan DJ yang bermain secara live di chat room, sehingga semua bisa berkomunikasi satu sama lain.

Aplikasi WeChat yang populer di China pun langsung  berimprovisasi dengan  fitur-fitur baru,   yaitu   komunitas   yoga,   senam,   dan   beragam   olahraga   lain   bisa   menjalankan   program-program mereka di rumah secara bersama-sama. Dengan demikian, masyarakat tidak kehilangan kesempatan   untuk   berkomunitas.

Eropa   pun   beradaptasi.   Jauh   sebelum   Provinsi   Lombardi ditutup total, Giorgio Armani, merek fashion yang paling terkemuka di Italia, menggelar show tanpa penonton dalam rangka Milan Fashion Week. Penonton dipersilakan menyaksikan secara daring. Di Paris Fashion Week, perancang Marine Serre memunculkan busana lengkap dengan variasi   masker   yang   modis.   Mereka   yang   sudah   memiliki   keterampilan   kemudian mengembangkan   kreativitasnya.   Dan   mereka   yang   memiliki   kreativitas   berusaha   untuk menambah keterampilan. Berikut ini cara untuk memiliki keterampilan dan kreativitas selama pandemi :

1. Mengikuti Pelatihan Online Banyak pelatihan yang dapat menambah keterampilan. Pemerintah dan pihak swasta juga mengupayakan  untuk tetap memberikan  pelatihan  gratis dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Mulai dari pelatihan soft skill maupun hard skill, semua dapat kita pilih sesuai passion dan bakat kita.

2. Mengikuti Seminar Online Banyak pihak yang  menyelenggarakan seminar  online  berbayar maupun tidak.  Kita bisa mendapatkan materi dari pembicara yang profesional. Selain itu biasanya kita juga akan mendapatkan e-sertifikat. Sangat membantu untuk menjaga kreativitas di masa pandemi ini.

3. Membaca Buku merupakan   investasi   leher   ke   atas   yang   sangat   berguna.   Sebab   dengan membaca buku kita dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan konsentrasi. Selain itu,membaca buku merupakan hiburan untuk mengihlangkan penat selama karantina di rumah saja.

4. Mencoba Hal Baru kita dapat melakukan eksperimen. Seperti melakukan trend membuat dalgona cofee, pie susu teflon, atau membatik dengan teknik jumputan yang sering disebut tie dye.

Dengan melakukan hal-hal baru tersebut kita dapat menambah keterampilan dan mengembangkan kreatifitas.

 

Ditulis oleh : Ade Ratnasari,S.E.,M.MDosen Fakultas Manajemen, Universitas pamulang.

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jakarta. Harianasipnal.com-Tahukah Anda mengapa Liberte, Egalitie, Fraternite menjadi The National Motto...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

ECOVACS ROBOTICS Memperkenalkan DEEBOT T9 9-dalam-1 di Indonesia

Jakarta. Harianasional.com-ECOVACS ROBOTICS, pembuat robot layanan rumah terkemuka di dunia, meluncurkan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Pertengahan Maret 2020, dunia pendidikan mengalami perubahan secara drastis....

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Menuju Dua Tahun Dalam Pandemi, UD Trucks Mengukuhkan ‘Ultimate Dependability’ seiring dengan upaya ‘Go Green’ untuk Indonesia

Menuju Dua Tahun Dalam Pandemi, UD Trucks Mengukuhkan ‘Ultimate Dependability’ seiring dengan upaya ‘Go Green’ untuk Indonesia

Jakarta.Harianasional.com-Di masa pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama 2 tahun ini, tantangan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com