Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Farewell Pass Akhiri Multilateral Naval Exercise ARNEX 2021 - Saturday, 04 December 2021 10:10
Metro: Wakil Walikota dan Ketua PMI Tinjau Donor Darah Sehaty Jakarta... - Saturday, 04 December 2021 04:14
Kesehatan: Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara... - Saturday, 04 December 2021 04:09
nusantara: TNI AL Dan RUSSIAN NAVY Latihan Bersama Angkatan Laut Negara-Negara... - Saturday, 04 December 2021 02:28
nusantara: Pangkoarmada l Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringati Hari Armada di... - Saturday, 04 December 2021 02:03
nusantara: Sambut Hari Armada RI Tahun 2021, Koarmada I Gelar Serbuan... - Friday, 03 December 2021 23:31
Sports: Melangkah Lebih Cepat dan Lebih Jauh Dengan Under Armour Hovr... - Friday, 03 December 2021 03:25
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

Tekno

Dukung Acara Komunitas, Pinhome Kolaborasi dengan 8 Social Run

Jakarta. Harianasional.com=Dalam rangka mendukung kegiatan komunitas masyarakat di DKI Jakarta, Pinhome turut berpartisipasi dalam kegiatan lari yang rutin dilaksanakan oleh komunitas lari 8 Social Run pada Minggu (14/11/2021), bertempat di kawasan fX Sudirman, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut diikuti 50 orang yang terdiri dari 45 anggota 8Socialrun dan lima perwakilan dari Pinhome. Rute lari sendiri ditempuh sejauh total enam kilometer dimulai dari fX Sudirman, melewati Lingkar Sudirman, menuju arah masjid Al-Azhar, lalu kembali lagi ke area fX Sudirman. Acara dimulai pukul 05.30 hingga 08.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Pinhome juga meningkatkan awareness mengenai semua lini produk dan layanan dengan memperkenalkan aplikasi Pinhome kepada para anggota 8Socialrun, serta benefitnya bagi masyarakat. Salah satunya yakni jasa Pinhome Home Service (PHS) yang mencakup jasa kebersihan rumah, cuci mobil, cuci AC, dan jasa pijat (massage).

Event & Community Lead Pinhome Ade Putra Akbar mengatakan berpartisipasinya Pinhome dalam kegiatan 8 Social Run tidak lain merupakan sebagai wujud inisiatif Pinhome dalam menjalin kerjasama dan mempererat silaturahmi dengan berbagai komunitas di DKI Jakarta.

“(Harapannya) kita bisa lebih sering lagi bekerja sama dengan komunitas lari dan komunitas-komunitas lain yang ada di luar sana untuk mempererat hubungan komunitas dengan Pinhome,” ujar Putra.

Lebih lanjut, Putra mengatakan, partisipasi Pinhome dalam kegiatan 8 Social Run dimaksudkan agar para anggota lebih bersemangat dalam mengembangkan komunitas tersebut dan harapannya 8 Social Run senantiasa aktif menginspirasi masyarakat untuk rajin berolahraga.

“Alasan memilih berkolaborasi dengan 8Socialrun adalah untuk untuk men-support anggota-anggota 8Socialrun di weekly sunday morning run-nya mereka. Supaya 8 Social Run lebih bersemangat, (kami) memberikan beberapa souvenir dan voucher dari Pinhome yakni voucher Pinhome Home Service,” lanjut Putra.

Untuk itu, demi mendukung kegiatan tersebut, Pinhome turut membagikan beberapa souvenir dan voucher Pinhome Home Service. Selain itu, Pinhome juga menggelar challenge kepada para anggota 8Socialrun. Anggota cukup mengunggah foto-foto kegiatan lari mereka ke media sosial. Nantinya, dua anggota yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik dari Pinhome.

 

TECNO Spark 7 Limited Special Box Rilis di JD.ID,

Jakarta. Harianasional.com-TECNO Mobile, produsen smartphone premium bagian dari TRANSSION Holdings, kembali menggaet JD.ID sebagai mitra strategis utamanya dalam peluncuran eksklusif smartphone terbarunya yaitu, TECNO Spark 7. Kerjasama ini melanjutkan kesuksesan seri Spark sebelumnya, TECNO Spark 7 NFC yang diburu ribuan pelanggan JD.ID. Kali ini, TECNO Spark 7 mengusung kapasitas baterai yang lebih besar mencapai 6000 mAh, sebuah daya tarik yang kompetitif di kelas entry-level. Mulai hari ini (15/11) masyarakat bisa mendapatkan TECNO Spark 7 special limited box kolaborasi dengan JD.ID dengan harga Rp 1.199.000.

TECNO Mobile senantiasa konsisten menawarkan smartphone yang mengikuti kebutuhan dinamis generasi muda dengan harga yang inklusif. Dengan kapasitas baterai yang terbesar di segmen entry level, TECNO Spark 7 ingin memberikan totalitas bagi generasi muda dengan kebutuhan konsumsi teknologi yang tinggi. Objektif tersebut merupakan cerminan dari semangat seri Spark dalam membantu para generasi muda untuk bisa menggapai mimpinya #SparkYourDream.

Selain baterai besar, TECNO Spark 7 hadir dengan sederet fitur mumpuni. TECNO Spark 7 memiliki dual kamera, 16MP untuk kamera belakang dan 8MP untuk kamera depan yang bisa mengabadikan momen, membuat konten foto dan video yang jernih. Kualitas citra yang dihasilkan pun semakin mumpuni dengan dukungan Quad LED Flash.

Eksplorasi TECNO Mobile dalam mengoptimalkan fitur kamera tidak berhenti di situ. Seperti seri Spark pendahulunya, TECNO Spark 7 kembali menyematkan fitur AI (artificial intelligent) canggih yang bisa mendeteksi objek, kontur, tekstur, cahaya, dan warna yang presisi. Dengan fitur ini, generasi muda bisa lebih leluasa berkreasi menangkap konten dengan detil yang kaya, mulai dari pemandangan, makanan, kembang api, dan momen-momen berharga.

Resolusi layar besar high definition berukuran 6,52’ juga dihadirkan agar para generasi muda bisa leluasa menikmati tangkapan visual dan informasi yang tersaji di layar. Beranjak ke audio, TECNO Spark 7 memiliki fitur audio share. Fitur seamless ini memungkinkan pengguna terhubung dengan beberapa bluetooth speaker / headset di saat yang bersamaan.

Country Manager TECNO Mobile Indonesia Anson Xia mengatakan, “Kamera, layar besar, dan audio share adalah kolaborasi yang paten bagi sebuah smartphone. Semangat kolaborasi ini menjadi nilai penting bagi generasi muda dalam mengejar mimpinya.”

Untuk melengkapi mobilitas generasi muda yang tak terbatas, TECNO Spark 7 disokong prosesor mumpuni eight-core processor. Yang tidak kalah penting, desain TECNO Spark 7 menganut konsep futuristik dengan tiga pilihan warna, Magnet Black, Morpheus Blue, dan Spruce Green. “Dengan kapasitas baterai terbesar di kelasnya, ditambah fitur fotografi yg mendukung kebutuhan lifestyle & content creation namun dengan harga yang terjangkau, kami percaya produk sangat bernilai dan efisien bagi para generasi muda,” kata Xia.

Sebagai mitra penjualan eksklusif TECNO Spark 7, Chief Marketing Officer JD.ID Leo Haryono mengungkapkan kesamaan antara visi dan misi yang dianut oleh JD.ID dengan TECNO Mobile, terutama terhadap para generasi muda di Indonesia. “Kami percaya generasi muda Indonesia memiliki identitas dan passion yang beragam, untuk itu mereka perlu didukung oleh smartphone yang juga mengerti keberagaman kebutuhan tersebut. Lewat JD.ID, kami berharap TECNO Spark 7 bisa dengan mudah dijangkau oleh para generasi muda di Indonesia,” kata Leo.

Akan ada berbagai program kemitraan eksklusif antara JD.ID dan TECNO Mobile di masa mendatang. Melalui kemitraan ini, JD.ID berharap para Sahabat JD akan mendapatkan akses ke produk-produk inovatif TECNO yang berkualitas dan terdepan. “Sesuai dengan slogan kami, kami-pun menjamin bahwa seluruh produk TECNO Mobile yang dijual di platform kami #DijaminORI, dan tersedia bagi semua Sahabat JD di seluruh kota di Indonesia,” tutup Leo.

Selain merilis TECNO Spark 7, pada kesempatan yang sama TECNO Mobile juga merilis produk AIoT (Artificial Intelligence of Things) bagi kategori audio, yang terdiri dari TECNO P1 yang menawarkan bass yang kuat, TECNO J2 yang menawarkan dual sound driver dan sensasi bass yang menggugah, dan TECNO R2 dengan desain metalik yang stylish serta bass megah.  Saat ini, ketiga produk TECNO AIoT tersebut bisa didapatkan di platform e-commerce Lazada dan Shopee.

 
 

Perkuat Bisnisnya di Indonesia, TigerGraph Jalin Kerjasama dengan Synnex Metrodata Indonesia sebagai Mitra Distribusi Pertama di Indonesia

Jakarta. Harianasional.com-TigerGraph, penyedia platform graph analytics terkemuka, mengumumkan kerjasamanya dengan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) — salah satu anak perusahaan PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) yang berfokus di bidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), sebagai mitra distributor di Indonesia yang merupakan kelanjutan dari ekspansi di Asia Pasifik. Penunjukan kemitraan ini merupakan yang pertama bagi TigerGraph di Asia Pasifik dan Jepang (APJ). TigerGraph juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan PT Mitra Integrasi Informatika (MII), yang merupakan bagian dari SMI di lingkup akademi, guna mendukung pendidikan dan pemberdayaan industri graph analytics yang menerapkan Big Data, Business Analytics, Artificial Intelligence (AI), dan teknologi Machine Learning (ML) bagi transformasi perusahaan di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang menyediakan platform grafik tercepat dan terskala, TigerGraph menawarkan solusi easy-to-use on premise dan cloud solution yang memudahkan setiap perusahaan dalam melakukan proses analisa data dengan jumlah besar secara real time untuk menemukan makna dari relasi antar data tersebut. TigerGraph juga mampu mengeksekusi pengambilan keputusan dengan cepat yang dapat digunakan di berbagai kebutuhan dalam bisnis seperti pencegahan ancaman cybersecurity, deteksi potensi penipuan, risiko pencucian uang, supply chain management, dan optimalisasi jaringan, serta customer360 bagi industri keuangan dan perbankan, teknologi, manufaktur, dan juga sektor kesehatan.

Todd Blaschka, Chief Operating Officer (COO) dari TigerGraph mengatakan, “Untuk mendukung pertumbuhan TigerGraph di Indonesia, kami berkomitmen untuk membangun tim lokal yang kuat, yang terdiri dari tim sales, channel dan tim teknis, serta menerapkan strategi pengembangan dan kemitraan yang efektif. Penunjukan SMI adalah tonggak utama TigerGraph dalam strategi go-to-market di Indonesia dan wilayah APJ yang lebih luas. Kami melihat SMI tidak hanya memiliki rekam jejak yang telah terbukti, dalam kerja sama dengan para mitra, tetapi juga sebagai pemimpin pasar dan distributor ICT terbesar di Indonesia. Saya melihat Indonesia merupakan potensi besar dalam perluasan kemitraan TigerGraph dan perusahaan lainnya yang sudah sukses di pasar Indonesia."

SMI adalah distributor teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, dengan 20 lokasi yang mencakup lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra. Lie Heng, Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia mengatakan, "Kami sudah melihat adanya peningkatan permintaan untuk graph database and analytics dari pelanggan kami di Indonesia. Kami merasa senang menjadi distributor Indonesia pertama untuk TigerGraph, penyedia database Native Parallel Graph (NPG) pertama di dunia. Dengan jaringan global mitra saluran kami, juga keahlian teknis dan pengalaman kelas dunia, SMI adalah mitra yang sempurna untuk mendukung ekspansi pasar TigerGraph untuk menjangkau pelanggan di berbagai lini bisnis seperti BSFI (perbankan, jasa keuangan dan asuransi), perawatan kesehatan dan juga manufaktur.”

Dalam kolaborasi bersama MII — khususnya Metrodata Academy, TigerGraph akan menyediakan kurikulum graph analytics  dan program-program pelatihan, termasuk platform analitik grafik secara gratis, serta program magang dengan mitra TigerGraph dan para pelanggan, yang ditujukan bagi profesional dalam industri dan para mahasiswa. Kemitraan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi 16 vendor dan 180 kampus di Indonesia.

Herryanti Herman, Direktur PT Mitra Integrasi Informatika mengatakan, “Menurut Gartner, 80 persen dari inovasi analitik di dunia akan menggunakan graph technology ini. Melalui penandatanganan MOU ini, MII sangat bangga dapat membantu membangun fondasi pemahaman terhadap teknologi ini bagi mahasiswa dan profesional industri sehingga mereka dapat memiliki akses terhadap transformasi teknologi yang revolusioner dan teknologi bisnis yang sangat penting dalam beberapa tahun kedepan. Akademi kami akan bekerja dengan erat bersama pemimpin industri TigerGraph dalam menyiapkan pelatihan dan menjembatani para peserta ke dalam komunitas grafik. Kami akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan karir dari peserta yang mengikuti program dalam jangka panjang, dan bersama-sama bergerak menuju industri TI dan negara maju.

Selain itu, Reza Pahlevi, Managing Director, TigerGraph Indonesia mengatakan. “TigerGraph berkomitmen untuk berdedikasi kepada pasar tempat kami beroperasi. Pengembangan bakat dan pemberdayaan industri adalah inisiatif penting bagi TigerGraph secara global karena tingkat adopsi teknologi apa pun berjalan secara linier dengan ketersediaan bakat dan kemampuan yang tepat untuk mendukungnya.  Saya menantikan siswa Metrodata Academy dan profesional industri bergabung dengan kami di Komunitas Pengembang TigerGraph."

 
 

realme narzo 50 Series dan AIoT Terbaru yang Menjadi Personal Trainer di Pergelangan Tangan Anda Lewat realme Band 2

Jakarta, Harianasional.com-realme, sebagai merek Tech Trendsetter hari ini dengan bangga meluncurkan empat smartphone trendsetter dan AIoT terbarunya di acara yang bertajuk ‘Neo Born Disruptor’. Keempat produk trendsetter tersebut adalah realme GT Neo2 yang dibanderol dengan harga Rp 6,499,000, realme narzo 50A mulai dari Rp 1,989,000, realme narzo 50i seharga Rp 1,499,000 dan realme Band 2 seharga Rp 449,000. Bersamaan dengan itu, realme juga menggelar program realme 11.11 Salebration sebagai bagian dari kemeriahan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang hari puncak perayaannya berlangsung pada 11 November 2021.

"Peluncuran Neo Born Disruptor merupakan awal baru dalam seri GT. Kami bermaksud menghadirkan everything in NEO dan menyatukan setiap hal hebat di dunia NEO untuk menginspirasi anak muda agar menjadi tech trendsetter. Hari ini, selain meluncurkan produk trendsetter, kami juga memanjakan anak muda di Indonesia dengan penawaran harga yang agresif, mulai dari Rp 11,000 dan jutaan bonus yang bisa didapatkan di mitra e-commerce pada gelaran realme 11.11 Salebration,” ujar Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

realme GT Neo2: The Most Disrupting 5G Flagship Killer

Hadir dengan slogan Everything in NEO, realme GT Neo2 menghadirkan terobosan dalam hal prosesor, sistem pendingin, layar dan proses desain dengan warna neon segar yang melambangkan jiwa anak muda. Mengusung Trendsetting Design, warna NEO Green pada realme GT Neo2 dirancang khusus oleh realme Design Studio dan merupakan yang pertama di industri smartphone sehingga menciptakan tren warna baru di industri ini.

realme Design Studio yang didirikan pada tahun 2019, saat ini dikelola bersama oleh dua desainer terkenal di industri ini, Paco dan Sire. realme Design Studio telah mengumpulkan lebih dari 40 desainer bertalenta dan menciptakan lebih dari 100 karya menakjubkan. Warna pertama yang dibuat di realme Design Studio Color System adalah NEO Green, yang diterapkan pada realme GT Neo2.

Berdasarkan konsep unik yang menggabungkan teknologi dan vitalitas, realme Design Studio menciptakan warna yang dianggap paling mewakili kepribadian Gen Z. Warna trendsetter baru ini disebut rm-gt ⁰⁰¹. Selain itu, realme Design Studio juga memperkenalkan tiga kriteria untuk kategori HAZE (keburaman), F/A (rasio warna fluoresen) dan RA (tekstur kesat) untuk memperkaya warna. Untuk menghadirkan warna NEO Green, realme Design Studio mencampur warna hijau neon dan hitam pekat dengan rasio perbandingan 7:3. Kemudian tekstur kesat warna hijau neon ini dipoles lagi sehingga warna terlihat lebih cerah. Pada saat yang sama, proses pemolesan ini memberikan kesan sentuh yang halus seperti sutra.

Sedangkan warna NEO Blue mampu menampilkan 8 gradasi warna yang berbeda dari setiap sisinya. Dengan bobot kurang dari 200gr dan tebal hanya 8.6mm, realme GT Neo2 menghadirkan layar AMOLED E4 terbaik untuk kelas flagship dengan refresh rate 120Hz dan Touch Sampling Rate hingga 600Hz serta tingkat kecerahan hingga 1300nits.

Berkat prosesor Snapdragon 870 5G yang dibangun dengan proses 7nm hemat daya, prosesor tingkat unggulan ini membawa kinerja dan efisiensi ke tingkat yang lebih tinggi. Dipasangkan dengan 3.2GHz A77 Prime Core dan 670MHz GPU Clock Speed, memastikan realme GT Neo2 dapat menghadirkan performa flagship dengan lancar.

Trendsetting teknologi lain yang bisa ditemukan adalah sistem pendingin realme GT Neo2. Ini disebut Stainless Steel Vapour Cooling Plus yang memiliki area sistem pendinginan terbesar, yaitu 4129mm2 yang dirangkai dalam struktur graphit 8 lapis dengan Diamond Thermal Gel pada CPU. Partikel berlian berukuran 40-50um dijadikan bahan untuk membuat gel, untuk mempercepat proses pendinginan sehingga efektif dan efisien.

Bagi yang ingin mendongkrak performa gaming, realme GT Neo2 dilengkapi dengan Mode GT 2.0 yang telah ditingkatkan. realme juga menyematkan teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE) yang mampu menambah RAM 12GB menjadi 19GB secara virtual. Selain RAM, realme GT Neo2 juga memiliki kapasitas penyimpanan internal yang besar, yaitu 256GB. Dukungan 65W SuperDart Charge mempercepat proses pengisian daya dari kapasitas baterai 5,000mAh namun tetap aman untuk digunakan.

realme GT Neo2 juga menghadirkan 64MP Triple Camera yang didukung dengan lensa ultra-wide 119° dan lensa makro yang mampu mengabadikan setiap momen indah. Untuk menginspirasi lebih banyak anak muda dalam mengabadikan momen sehari-hari, realme GT Neo2 menghadirkan Mode Street Photography dengan fitur-fitur seperti DIS Snapshot, Fokus Instan, dan Fast Zoom untuk menghadirkan pengalaman street fotografi seluler yang mudah. Sebagai pelengkap, realme menyematkan Dolby Atmos Dual Stereo Speakers pada realme GT Neo2.

realme narzo 50A: Mighty Performance Inside

Sebagai generasi ketiga dari Sub-brand realme, realme narzo 50A berfokus untuk menghadirkan smartphone dengan kinerja kuat dengan harga kompetitif sehingga cocok untuk kalangan lebih muda, pecinta smartphone bahkan pecinta mobile game.

realme narzo 50A adalah smartphone gaming terbaik berkat prosesor MediaTek Helio G85 yang tangguh. Prosesor octa-core ini memiliki clock speed hingga 2.0GHz yang dipadukan dengan GPU ARM Mali-G52, membuatnya bertenaga dalam menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa. Didesain sebagai prosesor gaming, MediaTek Helio G85 mendapatkan skor 216,477 pada AnTuTu Benchmark, memberikan kinerja yang cukup untuk keseharian dan menghadirkan pengalaman bermain game yang mulus.

realme narzo 50A dilengkapi dengan baterai besar, 6,000mAh sehingga pengguna dapat menggunakan smartphone mereka tanpa henti kapan pun mereka mau. Selain itu, realme narzo 50A juga telah dilengkapi dengan Quick Charge 18W. Ada pula Super Power Saving Mode, dimana pengguna bisa memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan untuk tetap aktif sehingga memperpanjang usia baterai yang secara otomatis membuat smartphone ini bisa digunakan lebih lama.

Desain realme narzo 50A terinspirasi oleh garis diagonal yang khas, menciptakan 'sense of motion' yang akan memberikan kesan baru. Dilengkapi dengan layar 6,5 inci, realme narzo 50A menawarkan sudut pandang yang lebih luas dan desain mini-drop yang lebih kecil, serta screen-to-body ratio 88,7% untuk memberikan pengalaman menonton yang imersif.

realme narzo 50A memberikan peningkatan dari sektor kamera dengan memperkenalkan 50MP AI Triple Camera pertama untuk seri narzo. Kombinasi sempurna antara kamera utama 50MP, lensa makro, dan lensa potret B&W, memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengabadikan momen menakjubkan secara tajam dan detail. Di bagian depan, kamera beresolusi 8MP dapat mengambil foto selfie sebening kristal berkat dukungan fungsi AI beautification, mode HDR, mode potret, dan fitur lainnya.

Hadir dalam dua pilihan warna: Oxygen Green dan Oxygen Blue serta dua varian memori: 4GB+64GB dan 4GB+128GB menjadikan realme narzo 50A sebagai smartphone dengan pengalaman gaming terbaik di harga Rp 2 jutaan.

 
 

Cisco Berkomitmen Untuk Mencapai Net Zero Emisi Gas Rumah Kaca Pada Tahun 2040,

Jakarta. Harianasional.com-Pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa pada seluruh aspek kehidupan manusia. Meski begitu, tidak semuanya bersifat negatif, karena pandemi yang telah berlangsung selama 18 bulan juga menjadi momentum percepatan digitalisasi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Sejalan dengan target besar negara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) pada tahun 2030, pemerintah mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi Indonesia melalui inisiatif transformasi digital.

Sementara itu, pemerintah menekankan untuk tidak hanya sekedar fokus pada digitalisasi fasilitas atau pun layanan publik. Terlebih lagi, sektor publik dan swasta perlu mengembangkan lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sekitar. Targetnya, segala perangkat dan kemudahan yang dimungkinkan oleh teknologi akan menjadi pendukung terciptanya kenyamanan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat agar menjadi lebih hijau, berkelanjutan, dan inklusif.

Dalam perjalanan Indonesia menuju SDGs, tentu diperlukan perencanaan dan kerja sama antara pemerintah dan pihak swasta. Untuk itu, pada bulan Oktober, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) bersama dengan Cisco, perusahaan yang telah berpartisipasi aktif dalam menyediakan solusi teknologi berkelanjutan, menghadirkan sesi diskusi untuk membahas peran swasta dalam memperbarui model bisnis guna mendukung dan mencapai target SDGs.

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, dan Kepala Sekretariat Nasional SDG, Dr. Vivi Yulaswati, MSc menyatakan, “Ada 17 goal, 169 target, dan berdasarkan edisi terakhir ada 289 indikator, yang harapannya jadi petunjuk untuk mencapai target-target SDGs. Sementara capaian SDGs selama ini, sekitar 70% sudah on track, namun masih ada 30% belum tercapai atau membutuhkan perhatian khusus, karena sebagiannya masih stagnan atau mengalami perburukan.”

Ia menjelaskan bahwa SDGs akan memberikan landasan kokoh menuju Indonesia maju, dengan mimpi bahwa pada tahun 2045 negara dapat keluar dari middle income trap. “Paska pandemi, dibutuhkan pertumbuhan PDB tahunan 6% untuk membawa Indonesia menjadi negara maju dan terlepas dari middle income trap. Tanpa transformasi ekonomi, pendapatan per kapita Indonesia akan ‘disalip’ oleh Filipina pada tahun 2037 dan oleh Vietnam pada tahun 2043,” tuturnya.

Selain SDGs, dalam pembangunan nasional terdapat juga kajian lingkungan hidup yang menjadi backbone untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih hijau, salah satunya melalui pembangunan rendah karbon. Aksi nyata ini disebut sebagai ekonomi sirkular.

Dengan implementasi ekonomi sirkular pada lima sektor prioritas seperti makanan dan minuman, perdagangan grosir dan eceran, tekstil, peralatan elektronik, dan konstruksi, estimasi dampak yang dihasilkan pada tahun 2030 adalah sebagai berikut:

1. Meningkatnya PDB sebesar Rp593-638 triliun

2. Terciptanya 4,4 juta lapangan kerja (neto), 75% diantaranya berpotensi untuk perempuan

3. Meningkatnya tabungan rumah tangga sebesar 9%

4. Mengurangi timbulan limbah sektoral sebesar 18-52% dibandingkan skenario BaU

5. Berkurangnya emisi CO2e sebesar 126 juta ton dibandingkan skenario BaU

6. Berkurangnya penggunaan air sebesar 6,3 miliar m3, dibandingkan skenario BaU

Perusahaan dapat berkontribusi untuk pencapaian SDGs dengan cara berinvestasi pada masyarakat, memasukkan kelompok marginal dalam rantai nilai, membayar harga yang adil dan penerapan standar-standar kepada supplier, memahami dampak bisnis terhadap lingkungan, penghematan energi, serta menerapkan procurement berkelanjutan.

Faktanya, 4 dari 10 perusahaan (40%) dalam kelompok 250 perusahaan terbesar global telah mengadopsi prinsip-prinsip Sustainable Business, seperti dicatat dalam laporan tahunannya. Perhatian terbesar pada isu-isu perubahan iklim, konsumsi yang bertanggung jawab, pekerjaan layak, kesetaraan gender, dan pertumbuhan ekonomi.

SVP Asia Pacific Energy, Sustainability & Industrial Frost & Sullivan, Ravi Krishnaswamy mengatakan “Data dari UN mengenai status SDGs menunjukkan bahwa wilayah Asia Tenggara sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan di beberapa goal SDGs.” Meski begitu, masih ada beberapa kekhawatiran terutama dalam hal kemiskinan akibat pandemi COVID-19. Banyak kegiatan perekonomian tidak bisa berjalan seperti biasa sehingga pendapatan mereka tertekan, bahkan sebagian lainnya kehilangan mata pencaharian. Masih ada jutaan masyarakat juga yang belum terhubung secara digital, sehingga pemerintah perlu melakukan berbagai cara untuk memperkuat infrastruktur, konektivitas yang menghubungkan antara pusat ekonomi dan wilayah penunjang.

Menanggapi hal tersebut, VP Internet of Things Telkomsel, Alfian Manullang memaparkan komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi digital di Tanah Air. Ia menjelaskan bahwa pemerintah dan perusahaan telah melakukan berbagai inisiasi mengenai infrastruktur, yakni dengan menggelar program Merah Putih yang bertujuan untuk memberikan akses jaringan di seluruh wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) dan program Universal Service Obligation (USO) dengan target menjangkau lebih dari 11.000 desa tanpa akses internet.

Ia menambahkan bahwa dalam membangun infrastruktur di wilayah tersebut, perusahaan menggunakan teknologi berkelanjutan, seperti solar cell (bertenaga matahari), energi hydropower (tenaga air), dan fuel cell (alat konversi elektrokimia yang menghasilkan listrik dengan gas buang berupa uap air/zero emission). Selain itu, perusahaan juga fokus untuk menghadirkan teknologi 5G, dimana otomatisasi dan robotisasi yang dapat dihadirkan teknologi tersebut akan berperan dalam mengatasi pandemi yang melanda saat ini.

Country Managing Director, PT. Cisco Systems Indonesia, Marina Kacaribu juga turut menjelaskan komitmen Cisco sebagai perusahaan penyedia teknologi dan solusi digital bagi organisasi publik maupun swasta agar dapat memiliki connected secured automated business yang berkelanjutan seraya mendukung agenda digitalisasi nasional yang dicanangkan pemerintah Indonesia. “Tentunya, kami memiliki tanggung jawab yang besar, ada dua hal yang sangat relevan untuk Cisco, yakni percepatan transformasi digital dan keberlanjutan (sustainability).”

Ada empat hal utama bagaimana Cisco menerapkan keberlanjutan dari sisi produk, operasi, dan supply chain sejak 2008 dalam rangka mencapai net zero dari sisi emisi gas rumah kaca (GRK). Pertama, dari sisi produk, Cisco terus berinovasi untuk meningkatkan efisiensi energi produknya melalui desain produk yang inovatif. Cisco mengintegrasikan best-of-breed ASIC (Application-specific Integrated Circuit) terbaik dalam desain produk-produknya guna mencapai penggunaan energi, ruang dan performa yang teroptimal di kelasnya.

Sementara itu, dari sisi operasi,  Cisco terus melakukan percepatan penggunaan energi-energi terbarukan di mana saat ini 83% pemakaian listrik untuk operasional Cisco di seluruh dunia dihasilkan dari energi baru dan terbarukan, bahkan di Amerika Serikat 100% fasilitas Cisco ditenagai energi terbarukan. Perusahaan pun mendukung penyesuaian cara bekerja yang paling inklusif. Karyawan diberikan fleksibilitas untuk datang ke kantor ataupun bekerja dari mana saja, secara taktis hal tersebut mengurangi carbon footprint. Cisco juga memberikan solusi-solusi digital inovatif dan handal untuk semua industri mulai dari perbankan, telekomunikasi, industrial, energi, utilitas, manufaktur, logistik, transportasi, UMKM dan layanan publik, yang dapat membantu organisasi meningkatkan keberlanjutan usaha, sosial dan lingkungannya. Cisco bertujuan memberdayakan masa depan yang inklusif untuk semua melalui prinsip keberlanjutan dan ekonomi sirkular.

Aktivitas ekonomi Indonesia masih menyisakan pekerjaan rumah terutama dalam mewujudkan transformasi digital dan green economy, termasuk di dalamnya ekonomi sirkular. Untuk itu, kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk mengintegrasikan SDGs dengan sektor industri perusahaan perlu terus didorong.

 
 

Page 1 of 32

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

Kesehatan

Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara Papsmear dan Donor Darah

Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara Papsmear dan Donor Darah

Jakarta, Harianasional.com-Sehaty Jakarta Pusat bekerjsama dengan Yayasan Kanker Indonesia mengandeng...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Dukung Acara Komunitas, Pinhome Kolaborasi dengan 8 Social Run

Dukung Acara Komunitas, Pinhome Kolaborasi dengan 8 Social Run

Jakarta. Harianasional.com=Dalam rangka mendukung kegiatan komunitas masyarakat di DKI Jakarta, Pinhome...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks, salah satu distributor truk terbesar di Indonesia kembali...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com