Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Pangkogasgabfib: Daratkan Pasukan Pendarat - Tuesday, 26 October 2021 00:48
nusantara: Vaksinasi Covid-19 TNI AL di Kabupaten Bogor Terus Digalakkan - Monday, 25 October 2021 12:03
nusantara: Trakindo Ajak Pemuda Tanamkan Kegigihan Menghadapi Tantangan - Monday, 25 October 2021 09:00
Entertainment: 100.000 Keluarga Quality Time di Bioskop Bareng Nussa - Monday, 25 October 2021 08:48
nusantara: Titiek Soeharto Membuka Rakornas Partai Berkarya - Sunday, 24 October 2021 12:05
nusantara: Target 700 Dosis, Serbuan Vaksinasi TNI AL Sasar Warga Jasinga... - Sunday, 24 October 2021 11:59
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

Pushidros TNI AL Tenemukan Bahaya Keselamatan Navigasi dan Pelayaran di Selat Bangka

Jakarta.Harianasiona.com-Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidros TNI AL) menemukan bahaya keselamatan navigasi dan pelayaran di Selat Bangka.

Hal tersebut disampaikan Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P  yang didampingi pejabat utama Pushidrosal TNI AL dalam konferensi di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (15/09/2021).

Temuan tersebut berawal dari laporan atau pengaduan dari United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) tentang adanya 2 kapal yang bergesekan dengan dasar laut (touching bottom/grounding) di Selat Bangka, yaitu MV Hyundai Anterp berbendera Marshall Island bulan November 2020 dan MV Posidana berbendera Norwegia pada bulan Februari 2021.

Berdasarkan laporan tersebut, atas pertimbangan untuk kepentingan keselamatan navigasi dan pelayaran,  Pushidros TNI AL sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, telah menerbitkan Berita Pelaut Indonesia No.18 pada tanggal 30 April dan mengambil langkah segera dengan mengirimkan Tim Survei Tanggap Segera, dan KRI Pollux-935 yang merupakan kapal survei terbaru yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Kepala Staf TNI AL  Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M masuk ke jajaran Pushidros TNI AL untuk melaksanakan survei investigasi di Selat Bangka pada lokasi tersebut.

Selanjutnya dari kegiatan survei investigasi tim survei tanggap segera dengan menggunakan multibeam echosounder, ditemukan adanya kerangka kapal pada kedalaman 7,5 meter di lokasi tersebut dengan ukuran Panjang 132 meter, lebar 15 meter dan telah ditumbuhi terumbu karang.

“Temuan ini berada disekitar recommended track alur pelayaran Selat Bangka sehingga berpotensi membahayakan perlintasan pelayaran pada alur tersebut. Terkait dengan hasil temuan tim survei tanggap segera ini, Pushidrosal segera menerbitkan pembaruan BPI minggu ke 34, tentang perubahan penggantian data lama yang semula 8,6 meter menjadi 7,5 meter bulan Agustus 2021, sekaligus cell ENC pada wilayah perairan tersebut dan diterbitkan pada akhir Agustus 2021” kata Komandan Pushidrosal.

Temuan kerangka kapal tersebut, di investigasi lanjutan oleh KRI Pollux dengan menggunakan peralatan Sidescan Sonar dan konfirmasi visual menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV).

“Hasil konfirmasi visual tersebut, ditemukan jejak huruf A dan G pada bagian buritan kerangka kapal, yang mengindikasikan bahwa kapal tersebut adalah MV. Pagaruyung yang telah tenggelam pada bulan September tahun 2003. Dari observasi visual kondisi bangunan kapal secara keseluruhan, hampir keseluruhan bangunan kapal telah padat ditumbuhi terumbu karang yang dihuni berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya,” Jelas Agung Komandan Pushidrosal.

Pushidrosal secara bertahap akan terus melaksanakan pemutakhiran data peta navigasi dan pelayaran melalui survei pemetaan hidro-oseanografi di sepanjang alur Selat Bangka.

“Pushidrosal sebagai Lembaga yang mengemban fungsi pemerintah dalam penyelenggaraan keselamatan navigasi dan pelayaran melalui publikasi peta laut, kertas maupun elektronik, serta publikasi nautika lainnya akan senantiasa berupaya untuk menyajikan peta untuk kepentingan navigasi dan pelayaran yang akurat dan terpercaya pada wilayah perairan nasional lainnya”  pungkas orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut.

Donasi untuk PALESTINA

 

Kesehatan

Risiko Autoimun Meningkat, Lindungi Kesehatan Diri dari Penyakit Kritis dan Jaga Keunggulan Finansial

Risiko Autoimun Meningkat, Lindungi Kesehatan Diri dari Penyakit Kritis dan Jaga Keunggulan Finansial

Jakarta. Harianasional.com-Meningkatnya kasus penderita autoimun belakangan ini didukung oleh data The...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Cisco Berkomitmen Untuk Mencapai Net Zero Emisi Gas Rumah Kaca Pada Tahun 2040,

Cisco Berkomitmen Untuk Mencapai Net Zero Emisi Gas Rumah Kaca Pada Tahun 2040,

Jakarta. Harianasional.com-Pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa pada seluruh aspek kehidupan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks, salah satu distributor truk terbesar di Indonesia kembali...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com