Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: IDI Papua Serukan Perlindungan Terhadap Tenaga Medis - Friday, 17 September 2021 09:59
Metro: Rapat Kerja MMTP Biro DKI Jakarta Bersama MMTP Biro Jakarta... - Friday, 17 September 2021 09:56
nusantara: Rayakan Hari Pelanggan, Astra Life Gelar Program Khusus - Friday, 17 September 2021 04:22
nusantara: Tim Pasukan Khusus TNI AL Lakukan Verifikasi Data Hidro Oseanografi... - Friday, 17 September 2021 04:17
Ekobis: Chatime Hadirkan Illumination's Minions di Menu Terbaru Dalgonana - Thursday, 16 September 2021 09:41
nusantara: Serbuan Vaksinasi TNI AL Selama Dua Hari di Pasir Angin... - Thursday, 16 September 2021 09:33
Ekobis: MGID Berintegrasi dengan Oracle Moat Measurement - Thursday, 16 September 2021 09:27
nusantara: 534 Orang Warga Pasir Angin Cileungsi Bogor Terjaring Serbuan Vaksinasi... - Wednesday, 15 September 2021 10:13
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

Geliat HRD Perusahaan Sektor Kritikal Di Masa Pandemi

Jakarta. Harianasional.com-Di masa pandemi HRD menjadi salah satu bagian yang paling krusial pada sebuah perusahaan. HRD adalah ujung tombak perusahaan yang berfungsi untuk menciptakan suasana kondusif saat ini. HRD diharapkan mampu beradaptasi agar kebijakan yang dibuat di masa pandemi ini dapat menguntungkan semua pihak.

Diakui oleh Siti Rahmah selaku HRD Asst. Manager dari PT Prima Makmur Rotokemindo, yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang ini, masa pandemi banyak membawa perubahan bagi kinerja HRD.

Menurut Rahma, selama pandemi terjadi banyak sekali kebijakan-kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan. Selain itu, mereka juga diharuskan membuat program yang dapat meningkatkan kesadaran karyawan untuk mencegah penularan Covid-19 di perusahaan.

“Mengingat fungsi kerja HRD sangat berhubungan erat dengan pengelolaan karyawan. Selama pandemi tim HRD PT Prima Makmur Rotokemindo sendiri sudah mulai menyusun berbagai kebijakan seperti pencegahan penularan Covid-19, kebijakan new normal ketika harus bekerja di kantor, dan prosedur atau ketentuan lainnya yang terkait,” tutur Rahmah.

PT Prima Makmur Rotokemindo sendiri adalah perusahaan packaging lokal yang telah berdiri sejak 1976. Sebagai produsen packaging yang telah memiliki banyak klien di dalam maupun luar negeri, PT Prima Makmur Rotokemindo adalah salah satu perusahaan sektor kritikal yang tidak memungkinkan untuk melakukan WFH, sehingga HRD PT Prima Makmur Rotokemindo senantiasa harus memberikan pengertian mengenai hal ini kepada para  SDM-nya melalui program yang mereka buat.

Berikut beberapa tips pembuatan program dari tim HRD PT Prima Makmur Rotokemindo yang bisa menjadi inspirasi bagi para rekan HRD lainnya agar tetap bisa mempertahankan produktivitas karyawan di era pandemi, terutama bagi perusahaan sektor kritikal lainnya:

1. Sediakan fasilitas kesehatan bagi para karyawan

SDM menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh HRD PT Prima Makmur Rotokemindo, sehingga dalam hal ini PT Prima Makmur Rotokemindo membuat kebijakan-kebijakan yang mempermudah para SDM-nya untuk memperoleh akses kesehatan selama pandemi ini, seperti memfasilitasi karyawan yang isolasi mandiri untuk konsultasi dengan dokter perusahaan, pemberian vitamin, akses obat-obatan bagi yang terkonfirmasi positif, melakukan swab test sebagai salah satu persyaratan untuk dapat masuk ke area perusahaan selain dari pengecekan suhu tubuh dan pemakaian hand sanitizer.

2. Selalu melakukan komunikasi dengan seluruh bagian perusahaan

PT Prima Makmur Rotokemindo memberikan dukungan moral kepada seluruh karyawan baik secara langsung melalui meeting/briefing dari para pimpinan maupun secara tidak langsung melalui komunikasi yang terjadi agar karyawan tetap dapat menjaga semangat dan motivasi kerja mereka.

Selain itu, tim HRD PT Prima Makmur Rotokemindo berupaya untuk mengurangi rasa kekhawatiran yang berlebihan dengan cara senantiasa mengupdate informasi terkini dari sumber yang terpercaya sehingga dapat menghindari hoax-hoax yang beredar.

3. Pastikan status terkait ketenagakerjaan jelas

HRD PT Prima Makmur Rotokemindo berperan aktif untuk mendorong peningkatan kesadaran seluruh karyawan agar dapat memahami bahwa perusahaan berupaya maksimal untuk tetap dapat memberikan yang terbaik bagi karyawan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemutusan hubungan kerja, pemotongan gaji, dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan program yang dilaksanakan di PT Prima Makmur Rotokemindo ini, SDM PT Prima Makmur Rotokemindo masih bisa bekerja secara kondusif dan perusahaan packaging lokal ini masih bisa memberikan gaji karyawan secara full dan tepat waktu.

Hal yang dapat disyukuri, bahwa hingga saat ini,  kasus positif Covid-19 di PT Prima Makmur terus menurun dan bahkan terjadi nol kasus positif (zero positive case) pada pelaksanaan pengecekan massal baru-baru ini.

Pendekatan yang dilakukan oleh tim HRD di masa krisis global ini sangatlah penting, itu mengapa perlu sekali tim HRD memiliki sikap empati dan cepat tanggap agar kebijakan yang dibuat bisa menguntungkan semua bagian dari perusahaan.

Donasi untuk PALESTINA

 

Kesehatan

Keluarga Sangat Berperan dalam Menuntaskan Target Vaksinasi Lansia untuk Mencapai Herd Immunity

Jakarta. Harianasional.com--Sejak awal program vaksinasi COVID-19 dimulai secara nasional, kelompok lanjut...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Memilih Smartphone 5G Flagship yang Stylish untuk Anak Muda

Memilih Smartphone 5G Flagship yang Stylish untuk Anak Muda

Jakarta. Harianasional.com-realme, sebagai merek Favoritnya Anak Muda Kembali memberikan kesempatan terbaik...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Pushidros TNI AL Tenemukan Bahaya Keselamatan Navigasi dan Pelayaran di Selat Bangka

Pushidros TNI AL Tenemukan Bahaya Keselamatan Navigasi dan Pelayaran di Selat Bangka

Jakarta.Harianasiona.com-Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidros TNI AL) menemukan bahaya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks, salah satu distributor truk terbesar di Indonesia kembali...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com