Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Entertainment: ‘Tarian Lengger Maut’ Resmi Dirilis - Friday, 23 April 2021 15:10
nusantara: Waspadai Turbulensi Politik di Kabinet Jokowi Tahun 2022 - Thursday, 22 April 2021 16:35
Metro: Yuk Nikmati Musik Sambil Ngabuburit di Ancol - Thursday, 22 April 2021 14:44
nusantara: Hanung Harimba : UMKM Go Global Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi... - Thursday, 22 April 2021 14:31
nusantara: SiCepat Go Siap Bantu Pelaku UMKM Go Eksport - Thursday, 22 April 2021 14:25
Ekobis: Jelang Festival Harbuknas 2021, Dukungan Pemprov Banten Menguat - Thursday, 22 April 2021 13:57
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tuntunan Bagi Kreativitas Dosen di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Setelah WHO mengumumkan Covid19 sebagai pandemi global, maka Pemerintah Indonesia melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran/instruksi kepada sekolah dan Universitas untuk melakukan proses belajar mengajar di rumah yang disebut sebagai belajar di rumah (study from home).

 

Banyaknya   masalah  yang  muncul   saat  belajar online menjadi tantangan tersendiri bagi dosen dan mahasiswa dalam menjalakan tugas masing-masing, agar tujuan pembelajaran tetap tercapai, kualitas output tetap terjaga.

Proses   kuliah   daring   memiliki   beberapa   hambatan   seperti   bergantungnya   pada   koneksi internet, kendala pada teknologi, kurangnya interaksi antar dosen dan mahasiswa juga kurangnya konsentrasi saat berlangsungnya daring yang disebabkan kondisi rumah yang kurang kondusif.

Semua masalah dalam perkuliahan daring ini dapat terselesaikan jika dosen memiliki strategi dan gaya komunikasi khusus selama proses kuliah daring saat pandemi berlangsung. Dosen harus dapat   menciptakan   metode   belajar  yang   kreatif  dan   inovatif,  sedangkan   mahasiswa   dituntut untuk aktif dalam belajar.

Setelah   memerhatikan   kendala   dan   hambatan   yang   ada,   maka   dosen   dapat   melakukan berbagai   strategi   untuk   tetap   dapat   menyampaikan   materi   baik   teori   maupun   praktik   saat pembelajaran daring, seperti  menggunakan  multiple methode,  yaitu modul dan buku,  diskusi online, tanya jawab, kuis, dan tugas.

Strategi   lain   dapat   dilakukan   dengan   cara   merencanakan   proses   pembelajaran   sebaik-baiknya agar mahasiswa dapat memahami materi dengan baik. Persiapkan modul belajar dengan perancangan yang sesuai dengan kriteria pembelajaran mandiri yang paling tidak teridiri dari: materi pokok,  ringkasan materi, latihan   (kuis) harian  beserta   jawaban agar   mahasiswa  dapat mengukur   kemampuan   memahami   materi  tersebut.

Terakhir  siapkan   latihan  formatif   seperti essay yang   disesuaikan dengan setiap mata kuliah. Jika metode pembelajaran daring bersifat praktikum dapat ditambahkan dengan audio visual, dengan melihat (menonton) langsung contoh kasus  melalui   video   maka   diharapkan  mahasiswa  menjadi   lebih   mengerti.   Selain   itu  bentuk materi audio-visual dapat menjadi katarsis sehingga dapat mengurangi kejenuhan.

Strategi lain yaitu yaitu manajemen komunikasi, manajemen disini adalah bagaimana dosen dan  mahasiswa menerapkan  disiplin belajar,  yang perlu diperhatikan adalah  masalah  waktu,komitmen   dosen   dan   mahasiswa,   membuat   rancangan   capaian   belajar,   dan   lain-lain   yang disesuaikan   dengan   tiap   mata   kuliah.

Masalah   jaringan   (hambatan   teknis)   sering   menjadi kendala, kadang mahasiswa sudah siap sesuai jadwal kuliah tetapi kadang terlambat, bahkan ada yang dipertengahan kuliah baru bisa gabung, ada juga dipenghujung kuliah baru masuk akibat kendala sinyal, dan sebagainya. Masalah ini tidak bisa dianggap ringan, karena secara psikologis mahasiswa takut tidak dianggap hadir oleh dosen, dianggap tidak disiplin, malas dan sebagainya.Disini diperlukan kebesaran hati dosen untuk tidak buru-buru berprasangka terhadap mahasiswa,dosen hendaknya membangun komunikasi yang kondusif dan bersedia mendengarkan alasan-alasan yang disampaikan mahasiswa.

Dosen mengubah cara atau metoda dalam memberikan tugas dengan tidak meminta hasil yang  sempurna, cukup   membuat   ringkasan  dari materi tiap   pertemuan  walaupun  hanya   satu paragraf.   Penilaian   diutamakan   dari   segi   orisinalitasnya,   walupun   jawaban   belum   maksimal.

Dosen  memberi   penilaian   saat   itu   juga  di   laman   e-learning,  ini  bertujuan   untuk   menstimuli mahasiswa lebih aktif belajar. Nilai yang cepat diberikan ternyata membuat mahasiswa merasa bahwa  jerih   payahnya   dihargai   oleh   dosen,  dengan   adanya  nilai  menunjukkan  bahwa   dosen membaca  tugas mereka. Bentuk tugas lainnya yang mendapar respon positif dari mahasiswa adalah tugas kelompok yang harus dipresentasikan. Walaupun presentasi secara online, mereka menjadi bersemangat, kerinduan untuk tampil di depan teman-temanya ter-realisasikan dengan tampilnya mereka dalam presentasi. Setiap anggota kelompok harus berbicara dan setiap peserta lainnya   diharuskan   bertanya.   Baik   yang   bertanya   maupun   menjawab   pertanyaan   diberi   nilai sebagai bentuk apresiasi.

Ditulis oleh : Mahadi Saputra, S.P.,M.M Dosen Fakultas Manajemen, Universitas Pamulang

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jakarta. Harianasipnal.com-Tahukah Anda mengapa Liberte, Egalitie, Fraternite menjadi The National Motto...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Alcatel-Lucent Enterprise, provider terkemuka untuk komunikasi, jejaring, dan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Pertengahan Maret 2020, dunia pendidikan mengalami perubahan secara drastis....

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Hadirkan ‘Paket Super’ untuk Pengusaha Truk

Astra UD Trucks Hadirkan ‘Paket Super’ untuk Pengusaha Truk

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks yang tahun ini hadir di Indonesia selama 37 Tahun dengan semangat...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com