Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Entertainment: ‘Tarian Lengger Maut’ Resmi Dirilis - Friday, 23 April 2021 15:10
nusantara: Waspadai Turbulensi Politik di Kabinet Jokowi Tahun 2022 - Thursday, 22 April 2021 16:35
Metro: Yuk Nikmati Musik Sambil Ngabuburit di Ancol - Thursday, 22 April 2021 14:44
nusantara: Hanung Harimba : UMKM Go Global Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi... - Thursday, 22 April 2021 14:31
nusantara: SiCepat Go Siap Bantu Pelaku UMKM Go Eksport - Thursday, 22 April 2021 14:25
Ekobis: Jelang Festival Harbuknas 2021, Dukungan Pemprov Banten Menguat - Thursday, 22 April 2021 13:57
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Mahasiswa di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Peraturan yang ditetapkan pemerintah untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar saat pandemi Covid-19 ini berdampak kepada sektor pendidikan. Untuk memdukung peraturan pemerintah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran Kemendikbud Dikti No.1 tahun 2020, yang berisikan intruksi untuk melakukan pembelajaran secara daring.

 

Metode  perkuliahan  daring  memanfaatkan  koneksi  internet  sebagai  sarana  untuk  melakukan pembelajaran. Dengan diberlakukannya kuliah daring ini, maka mahasiswa, dosen, maupun staf universitas  dapat  menjalankan aktivitas  perkuliahan  jarak   jauh  guna  mengurangi  penyebaran virus Covid-19.

Daring memiliki dampak terhadap perkuliahan. Ada dampak positif dan ada pula dampak negatif. Berikut penjabarannya :

Dampak Positif

1. Adaptasi Terhadap Teknologi Daring memanfaatkan teknologi dan koneksi  internet, maka dari itu lambat laun mahasiswa dan dosen perlu beradpatasi dengan teknologi atau aplikasi-aplikasi baru yang sebelumnya belum   pernah   dioperasikan   untuk   menunjang   pengajaran   daring   sehingga   kemampuan teknologi baik dosen maupun mahasiswa menjadi berkembang.

2. Pembelajaran yang Fleksibel Karena daring tidak membutuhkan tatap muka dan pergi ke universitas, maka pengajaran daring lebih fleksibel sebab dapat dilakukan di mana saja  dan kapan  saja hanya  dengan koneksi  internet.  Begitu  juga  apabila   ada   materi  yang  belum   mahasiswa  pahami,  dapat dikomunikasikan melalui chat ataupun group chat. Pembelajaran daring memudahkan untuk mengakses bahan materi dengan waktu yang tidak dibatasi

3. Menghemat Biaya Hidup Bagi  mahasiswa  yang  berkuliah  jauh  dari rumah, mereka  dapat  menghemat  biaya sewa tempat   tinggal   atau   kos.   Begitu   pula   dengan   mahasiswa   yang   tinggal   dekat   dengan universitas, mereka dapat menghemat biaya transportasi.

4. Memudahkan Untuk Mereview Materi dengan   metode   pembelajaran   daring,   mahasiswa   dapat   merekam   materi   yang   diberikan dengan laptop atau handphone mereka. Hal ini dapat memudahkan untuk review materi yang belum dipahami secara berulang-ulang dan dapat membuat catatan dengan detail. Sehingga pemahaman mahasiswa terhadap materi dapat lebih baik.

5. Memiliki Banyak Waktu dengan Keluarga Karena daring dapat dilakukan dari rumah maka mahasiswa lebih memiliki banyak waktu luang di rumah bersama keluarga baik orang tua maupun adik, kakak atau saudara.

Dampak Negatif :

1. Ketergantungan dengan Koneksi Internet Diperlukan koneksi internet yang baik untuk dapat mengakses aplikasi-aplikasi pendukung sistem pembelajaran   daring. Namun  tidak semua  daerah  memiliki koneksi  internet yang memadai,   kendala   inilah   yang   sering   dihadapi   dosen   dan   mahasiswa.   Hal  ini   membuat pembelajaran daring menjadi terhambat.

2. Konsentrasi Berkurang Sistem pembelajaran daring lebih sering dilaksanakan mahasiswa di dalam comfort zone seperti   kamar   atau   rumah,   hal   ini   memberikan   atmosfer   kenyamanan   yang   cenderung membuat mahasiswa merasa ingin bersantai dan tidur. Kondisi rumah yang kurang kondusif juga dapat mengganggu mahasiswa saat pembelajaran daring.

3. Dapat Menyebabkan Stress Menurut Jurnal Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia, Melani Kartika Sari menjabarkan bahwa terdapat 38,57% mahasiswa yang mengalami stress sedang, 28,57% stress berat dan 32,86% mengalami stres ringan.Rasa stres ini juga ditumbulkan karena mahasiswa merasa kesulitan untuk memahami materi dengan pembalajaran daring, juga karena rasa khawatir tertular Covid-19.

4. Praktikum Tidak Maksimal Praktikum biasa dilakukan di lab universitas dengan fasilitas dan alat-alat yang memadai.Namun saat pandemi Covid-19 yang mewajibkan mahasiswa untuk tetap di rumah saja,praktikum hanyak dilakukan dengan alat seadanya dengan mengandalkan video praktikum.Hal ini membuat praktikum kurang maksimal.

5. Kurangnya Interaksi Kemudian,   kurangnya   interaksi   dan   melakukan   aktivitas   dengan   orang   lain   membuat mahasiswa tampak kebingungan karena jika mereka saat di kampus ataupun di luar rumah mereka melakukan kegiatan produktif yang bisa dilakukan sedangkan saat ini mereka hanya bisa melakukan aktivitas yang terbilang monoton.

Dapat   disimpulkan   bahwa   dampak   yang   dihasilkan   dari   pembelajaran   daring   baik dampak positif maupun negatif, dapat memengaruhi perilaku mahasiswa. Lambat laun apabila hal ini  terjadi  secara  terus menerus  dapat  menjadi  masalah yang  lebih serius.   Hal ini  dapat menjadi   bahan   evaluasi   agar   pembelajaran   daring   dapat   diterima   dan   dioptmalkan   oleh mahasiswa. Dosen dan mahasiswa juga harus bekerja sama untuk menemukan solusi dari setiap masalah atau hambatan yang ada dalam sistem pembelajaran daring.

Ditulis oleh : Irma Sari Octaviani, S.E.,M.M Dosen Fakultas Manajemen, Universitas Pamulang

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jakarta. Harianasipnal.com-Tahukah Anda mengapa Liberte, Egalitie, Fraternite menjadi The National Motto...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Alcatel-Lucent Enterprise, provider terkemuka untuk komunikasi, jejaring, dan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Manajemen Waktu Belajar Daring di Masa Pandemi

Jakarta.Harianasional.com-Pertengahan Maret 2020, dunia pendidikan mengalami perubahan secara drastis....

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Hadirkan ‘Paket Super’ untuk Pengusaha Truk

Astra UD Trucks Hadirkan ‘Paket Super’ untuk Pengusaha Truk

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks yang tahun ini hadir di Indonesia selama 37 Tahun dengan semangat...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com