Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Farewell Pass Akhiri Multilateral Naval Exercise ARNEX 2021 - Saturday, 04 December 2021 10:10
Metro: Wakil Walikota dan Ketua PMI Tinjau Donor Darah Sehaty Jakarta... - Saturday, 04 December 2021 04:14
Kesehatan: Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara... - Saturday, 04 December 2021 04:09
nusantara: TNI AL Dan RUSSIAN NAVY Latihan Bersama Angkatan Laut Negara-Negara... - Saturday, 04 December 2021 02:28
nusantara: Pangkoarmada l Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringati Hari Armada di... - Saturday, 04 December 2021 02:03
nusantara: Sambut Hari Armada RI Tahun 2021, Koarmada I Gelar Serbuan... - Friday, 03 December 2021 23:31
Sports: Melangkah Lebih Cepat dan Lebih Jauh Dengan Under Armour Hovr... - Friday, 03 December 2021 03:25
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
nusantara

Farewell Pass Akhiri Multilateral Naval Exercise ARNEX 2021

Jakarta. Harianasional.com-KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 melakukan Farewell Pass dengan unsur-unsur Asean Rusia Naval Exercise (ARNEX) 2021 sebagai simbolisasi berakhirnya, sekaligus penutupan latihan Multilateral pertama kali ini antara Angkatan Laut Negara-Negara Asean dan Rusia di Perairan Andaman, Jumat (3/12/2021).

Multilateral Exercise yang dibuka secara langsung oleh Pangkoarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, ini mengambil tema “Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigations.”

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa latihan ini melibatkan 11 negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (Asean) dimana Indonesia menjadi tuan rumah (Host) dan Rusia sebagai Negara Penggagas. 8 Negara diantaranya mengirimkan Kapal Perang dan Pesawat udaranya sedangkan Laos Kamboja dan Philipina kali ini sebagai observer.

Sebagai latihan Multilateral Bersama Rusia untuk pertama kali, latihan ini sukses mencapai tujuan latihan yang direncanakan. Hal ini disampaikan para Komandan Kapal Partisipan ARNEX 2021 melalui Radio komunikasi saat farewell pass.

Commanding Officer Of Admiral Panteleyev, Captain (Navy) Bolotnikov Aleksei Aleksandrovich, sangat mengapresiasi pelaksanaan latihan ini yang menurutnya terencana dengan baik. “Kami datang ribuan mil dari benua yang berbeda, sangat mengapresiasi latihan ini berjalan dengan baik dan kami berharap pelaksanaan ARNEX ke-2 dapat dilaksanakan di Vladivostok.” Ungkapnya dalam Bahasa Rusia.

Sementara itu Commanding Officer Of KD Lekiu, Captain Mohammad Fairuz Bin Hassan, merasa bangga menjadi partisipan dalam latihan Multilateral ini. “Saya menjadi saksi mata terselenggaranya latihan yang sangat baik, terencana dengan baik dan terlaksana dengan baik.” Ucapnya.

Begitu juga Commanding Officer Of HTMS Kraburi, Captain Jirachati Saengvut, merasa bangga bisa mengikuti latihan berskala Internasional ini, dan berharap Thailand bisa menjadi Host dalam moment latihan yang sangat baik ini.

Commanding Officer Of RSS Vigour, LTC Gavin Cheong menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia yang telah menjadi Host latihan Multilateral yang terselenggara dengan sempurna mulai perencanaan sampai pelaksanaan, dan berharap latihan serupa dapat terselenggara dimasa depan.

Hal Senada juga disampaikan oleh Commanding Officer Of UMS King Kyan Sit Thar, Commander Kyaw Thet Naing, ia mengucapkan terimakasih, selamat dan sukses kepada host (Indonesia), semua kegiatan latihan dapat direncanakan dengan baik dan dilaksanakan dengan sempurna, ia juga berharap latihan serupa ini dapat dilaksanakan dimasa depan.

Commanding Officer Of KDB Daruttaqwa, Commander Saiful Hazril Bin Ali, mengucapkan terimakasih atas keramahan seluruh panitia yang telah menyiapkan segala fasilitas, serta koordinasi dan komunikasi yang terjalin dengan baik. “Latihan dapat berjalan sangat-sangat terprogram, saya berharap akan terjalin kerjasama yang lebih erat antara Angkatan Laut Negara-negara Asean dimasa depan.

Sementara itu Commander Task Group, Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja menyampaikan penghargaan dan suatu kehormatan bagi TNI AL untuk menjadi Host Pertama kali dalam latihan ini. “Kami sangat Berharap akan banyak kesempatan bagi TNI Angkatan Laut Untuk menjalin kerjasama dengan Angkatan Laut Negara-Negara Asean dan Rusia dalam bidang Latihan, Pengembangan Teknologi, Operasi Laut dan lainnya.” Ungkapnya.

Selanjutnya ia juga mengharapkan, para partisipan merasa nyaman dengan penerimaan TNI AL sebagai Host, selama pelaksanaan latihan mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran.

Selain itu latihan ini memiliki dampak strategis karena juga bertujuan untuk memelihara hubungan persahabatan antara Pemerintah Indonesia, Negara Asean dan Negara Rusia.

 

TNI AL Dan RUSSIAN NAVY Latihan Bersama Angkatan Laut Negara-Negara ASEAN

Jakarta. Harianasional.com-TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Rusia menggelar latihan bersama dengan negara-negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (Asean), bertajuk Asean Russian Naval Exercise (Arnex) 2021, di Perairan Belawan hingga Sabang yang akan berlangsung sampai dengan 4 desember mendatang.

Latihan Asean Russian Naval Exercise 2021 ini, merupakan yang pertama kali digelar dengan mengambil tema “Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigations” dan dibuka secara langsung oleh Panglima Komando Armada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P. di Aula Yos Sudarso, Mako Lantamal I Belawan, Rabu (01/12/2021).

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I mengatakan bahwa latihan bersama Arnex 2021 merupakan latihan multilateral antara TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut Negara-Negara Asean dan Angkatan Laut Rusia (Russian Navy), yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya, dimana TNI Angkatan Laut sebagai tuan rumah (Host). Latma ini bertujuan untuk memelihara hubungan persahabatan antara Pemerintah Indonesia, Negara Asean dan Rusia.

“Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit Angkatan Laut (Navy) masing-masing negara peserta Latihan. Sedangkan Sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kemitraan, hubungan dan kerja sama antara TNI Angkatan Laut, Negara Asean dan Angkatan Laut Rusia, serta tercapainya latihan operasi maritim terkoordinasi di berbagai bidang dan mewadahi interaksi secara daring (virtual) diberbagai tingkat, dengan tetap berdasarkan profesionalisme khususnya yang berkaitan dengan teknis dan taktis, selama masa pandemi Covid-19.” Lanjutnya

Latihan yang diikuti oleh 10 negara ini, akan melibatkan 8 kapal perang dan 4 pesawat udara yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 1 pesawat udara CN-235 dan 1 Helikopter Panther (Indonesia), RFS Admiral Penteleyev jenis Destroyer dan 1 Helikopter KAMOV (Rusia), RSS Vigour (Singapura), KD Lekiu dan 1 Helikopter Superking (Malaysia), HTMS Kraburi  jenis Fregat (Thailand), UMS Kyan Sit That jenis Fregat (Myanmar), LY Thai To (Vietnam) dan KDB Daruttaqwa  dari jenis Korvet (Brunei).

Laksda TNI Arsyad Abdullah juga menekankan beberapa hal terkait intruksi latihan antara lain, agar melakukan koordinasi sehingga Latihan yang akan dilaksanakan dapat terselenggara dengan baik serta sesuai dengan Hukum atau Peraturan Nasional dan Internasional yang berlaku.

Jaga selalu nama baik TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara selama kegiatan latihan berlangsung, dan dalam situasi pandemi ini agar seluruh kegiatan, dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.” Pungkasnya

Latihan ini akan dipimpin oleh Komandan Satgas Arnex 2021 Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada I, sedangkan KRI I Gusti Ngurah Rai – 332, dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Ludfy.

Dalam pembukaan Arnex 2021 tersebut, turut dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk Asean, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, para Atase Laut negara-negara Asean, Dirkersin Kemhan, dan Komandan Lantamal I Belawan Laksma TNI Achmad Wibisono.

 

Pangkoarmada l Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringati Hari Armada di TMP Kalibata

Jakarta.Harianasional.com-Dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2021,  Pangkoarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E. M.A.P. didampingi Pejabat Utama Koarmada l memimpin upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (2/11/2021).

Adapun rangkaian acara ziarah dan tabur bunga diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga oleh pemimpin upacara, penghormatan terhadap para pahlawan, kemudian penaburan bunga di pusara.

Kegiatan ziarah dan upacara tabur bunga memperingati HUT Armada RI ini memiliki arti sangat penting. Selain sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya, ziarah juga sebagai bukti kebesaran jiwa bangsa Indonesia.

Hari Armada RI Tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember memiliki makna penting sebagai catatan dan tonggak sejarah perjalanan Armada dari sejak didirikan oleh para pendahulu. Hari Armada RI adalah memaknai TNI Angkatan Laut sebagai perwujudan dari hakikat kekuatan TNI Angkatan Laut yang dibentuk dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang meliputi KRI, Pesawat Udara, Pasukan Marinir, dan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

 
 

BPK RI Adakan Pemeriksaan Terinci Terhadap Kinerja Keamanan Dan Pertahanan Siber Di Pushidrosal

Jakarta. Harianasional.com-Komandan Pusat Hidro-Osenaografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., didampingi Ahmad Adjam R Sempurna Djaya, S.H., LLM., CfRA., selaku Wakil Penanggung Jawab III dari BPK membuka secara resmi dan memberikan taklimat awal kegiatan Pemeriksaan terinci dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Kinerja Keamanan dan Pertahanan Siber bertempat di Ruang Rapat Danpushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Jum’at (3/12).

Pemeriksaan terinci  BPK RI ini bertujuan  untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siber Kemhan dan TNI dalam menghadapi dan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta sebagai fungsi kontrol pengawasan dan pemeriksaan yang didukung oleh piranti lunak yang memadai dan pelaksanaan profesional, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi terciptanya kualitas kinerja organisasi dalam rangka mewujudkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program kerja.

Danpushidrosal dalam sambutannya mengatakan pemeriksaan terinci ini  merupakan pemeriksaan perdana dengan objek pemeriksaan terhadap keamanan dan pertahanan siber yang meliputi Kemhan dan TNI. Diharapkan antara Pushidrosal dengan Tim BPK bersinergi dalam pelaksanaan pemeriksaan, sehingga hasilnya bermanfaat sebagai bahan koreksi atas program kegiatan pemenuhan alutsista menjadi lebih baik.

“Tim Pemeriksa BPK hendaknya dipandang sebagai mitra kerja sehingga dapat terjalin pola kemitraan antara pelaksanaan audit dan objek yang di audit, karena pada satu sisi, tim pemeriksa dapat menghasilkan temuan-temuan yang lebih objektif khususnya di bidang keamanan dan pertahanan siber yang sangat kita butuhkan bagi peningkatan kinerja organisasi.” Ucap Danpushidrosal.

Diharapkan dalam pelaksanaan pemeriksaan BPK memberikan hasil optimal bagi terwujudnya pertahanan dan keamanan siber khususnya di Pushidrosal, dapat dilakukkan dengan lancar dan tanpa menemui kendala.

“Bagi Satuan kerja yang terkait dengan kehadiran tim pemeriksaan eksternal BPK ini, agar keterbukaan dan kejujuran dalam menyampaikan data dan informasi khususnya sasarannya terkait  pertahanan dan keamanan siber, dengan mewujudkan obyektivitas pelaksanaan audit, sehingga tercapai hasil yang optimal, yang akan menjadi masukan bermanfaat bagi upaya peningkatan kinerja Pushidrosal” Pungkas Komandan Pushidrosal.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Pemeriksaan terinci ini, Wakil Komandan (Wadan) Pushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M serta para pejabat utama Pushidrosal.

 

Pushidrosal dukung Serbuan Vaksinasi Koarmada I di Cilincing Jakarta Utara

Jakarta. Harianasional.com-Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mendukung Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Koarmada I di SMKN 36, Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan ini Pushidrosal mengerahkan 5 tenaga kesehatan untuk bergabung dengan 21 tenaga kesehatan Koarmada I. Selain Pushidrosal terdapat beberapa instansi TNI-Polri yang terlibat dalam kegiatan ini, di antaranya Kolinlamil, RSAL Dr. Mintohardjo,  Lantamal III Jakarta, Puskesmas Kalibaru, Koramil 05 Cilincing, serta Polsek Kalibaru.

Pada pelaksanaannya, dari target yang disiapkan sebanyak 500 dosis vaksin, tercatat 369 orang berhasil divaksinasi, dengan rincian dosis kesatu sebanyak 168 orang dan dosis kedua 201 orang serta tertunda 9 orang dengan alasan medis. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac.

Vaksinasi rutin ini bertujuan untuk menyehatkan masyarakat maritim wilayah Kalibaru Cilincing  dan sekitarnya, serta upaya mempercepat terciptanya kekebalan komunal (Herd Immunity) di lingkungan masyarakat setempat.

Selain itu,  kegiatan ini merupakan instruksi  Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai salah satu bentuk dukungan TNI AL terhadap program  yang dicanangkan pemerintah dalam upaya mempercepat penanganan penyebaran Covid-19,  serta dalam mencapai target vaksinasi covid-19 secara nasional.

 

 

 
 

Page 1 of 495

Donasi untuk PALESTINA

 

Kesehatan

Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara Papsmear dan Donor Darah

Sehaty Jakarta Pusat Gandeng Ayam Brand dan Kalbe Bikin Acara Papsmear dan Donor Darah

Jakarta, Harianasional.com-Sehaty Jakarta Pusat bekerjsama dengan Yayasan Kanker Indonesia mengandeng...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Dukung Acara Komunitas, Pinhome Kolaborasi dengan 8 Social Run

Dukung Acara Komunitas, Pinhome Kolaborasi dengan 8 Social Run

Jakarta. Harianasional.com=Dalam rangka mendukung kegiatan komunitas masyarakat di DKI Jakarta, Pinhome...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Astra UD Trucks Memperluas Jaringan Digital dan Non Digital

Jakarta. Harianasional.com-Astra UD Trucks, salah satu distributor truk terbesar di Indonesia kembali...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com