Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Jelang MSDE, Direktur Kerja Sama Bakamla Cek Kesiapan Akhir - Monday, 17 June 2019 15:01
Life and Style: Cafe Picolo Mi'rah Hotel Bogor Tempat Nongkrong Hemat (Nongmat) - Wednesday, 12 June 2019 00:04
nusantara: Hari Pertama Kerja, Bakamla Gelar Halal Bi Halal - Monday, 10 June 2019 09:56
nusantara: Kapushidrosal Hadiri Forum IRCC di Genoa, Italia - Friday, 07 June 2019 01:55
Entertainment: Sabyan Meriahkan Midnigth Shoping Kedua Cibinong City Mall - Thursday, 06 June 2019 02:55
nusantara: Bakamla – Basarnas Siaga Lebaran 2019 di Sambas - Monday, 03 June 2019 23:31
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

headline

Jelang MSDE, Direktur Kerja Sama Bakamla Cek Kesiapan Akhir

Jakarta.Harianasional.com-Plh. Direktur Kerja sama Bakamla Kolonel Bakamla Salim meninjau kesiapan akhir pelaksanaan kegiatan Maritime Security Desctop Exercise (MSDE) 9th tahun 2019 di salah satu hotel di Jakarta Pusat, jl. Hayam Wuruk No.6, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Kedatangan Kolonel Salim disambut oleh Koordinator Organizing Commitee yang sehari-hari menjabat Kasie Kerjasama Multilateral dan Organisasi Internasional Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., beserta anggota panitia lainnya.

Dari 25 negara yang dijadwalkan hadir, hingga berita ini diturunkan sudah terdapat 8 negara yang sudah berada di lokasi, yaitu Australia, Maldives, Yunani, Korea Selatan, Bangladesh, Srilanka, dan Singapura, serta Indonesia sebagai tuan  rumah.

Pada kesempatan tersebut Kolonel Salim didampingi Letkol Hudiansyah sempat berbincang dan berdiskusi dengan salah satu delegasi Coast Guard negara sahabat yang telah hadir yakni Commodore Georgios Karageorgos dari Yunani, terkait rencana kegiatan MSDE yang akan dibuka besok Selasa 18 Juni 2019.

Hingga saat ini perwakilan utusan Coast Guard dari negara-negara sahabat masih terus berdatangan di tempat akan diselenggarakannya acara.

Dalam peninjauan tersebut Kolonel Salim menekankan kepada seluruh jajaran panitia supaya bekerja dengan profesional. "Kerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya kalian secara optimal", pintanya.(Humas/Irv).

 

Pushidrosal Tingkatkan Kerjasama Manajemen Data Hidrografi dengan UKHO Inggris

Jakarta. Harianasional.com-Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan meningkatkan kerjasama dalam bidang manajemen data hidrografi yang terintegrasi dan terbuka dengan  dengan Kantor Hidrografi Inggris atau  United Kingdom Hydrographic Office (UKHO).

Hal itu disampaikan  Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat mengadakan kunjungan kerja  ke United Kingdom Hydrographic Office (UKHO)  di Taunton, Inggris, Selasa (12/6).

Dalam kunjungan kerja ke UKHO ini, Kapushidrosal didampingi oleh Kadisinfolahta Kolonel Laut (KH) Irfan Winanto dan Kadishidro Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, M.M., diterima oleh Rear Admiral Tim Lowe CBE sebagai acting chief executive and UK National Hydrographer, Mr Jamie Mc Michael-Phillips sebagai Head of Partnering & Engagement (AP), Mr Ashley Hawkins sebagai Geographic & Technical Manager serta Mr Michael Davis sebagai Partnering & Engagement Officer UKHO.

UKHO merupakan modern hydrographic office. Kerjasama antara Pushidrosal dan UKHO telah berlangsung lebih dari 20 tahun, yang merupakan kerjasama bilateral bidang hidrografi paling lama dan terproduktif antara pemerintah Indonesia dan Inggris.

“Tujuan kunjungan adalah untuk sharing informasi pentingnya hidrografi dalam kegiatan perekonomian dan pertahanan serta kegiatan yang dilaksanakan UKHO dalam pengelolaan data hidrografi,  dengan harapan untuk dapat meningkatkan kinerja Pushidrosal dari segi kemampuan baik personel, Peralatan yang digunakan baik hard ware maupun soft ware serta managemen data Hidrografi”

Dalam kegiatan tersebut UKHO memberikan penjelasan tentang bagaimana data hidrografi yang diperoleh dan diolah secara sistematis hingga menghasilkan produk berupa peta laut yang up to date untuk mendukung seluruh kegiatan yg menggunakan laut sebagai medianya baik itu mendukung kegiatan sipil maupun militer.

Dalam kesempatan tersebut, Kapushidrosal  menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah dibina dengan penuh rasa kepercayaan antara kedua belah pihak selama ini, sebagai mitra strategis Pushidrosal dalam bidang survei hidrografi, pemetaan, pengembangan sistem spatial data dan pendistribusian peta laut Indonesia.

 
 

Pushidrosal Tingkatkan Kemampuan dan Kerjasama dengan Italian Hydographic Institute

Jakarta. Harianasional.com-Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan meningkatkan kemampuan dan kerjasama dalam bidang hidrografi dengan Kantor Hidrografi Italia/Italian Hydrographic Institute.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. saat mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Hidrografi Italia/Italian Hydrographic Institute di Genoa, Italia.

Kunjungan kerja Kapushidrosal yang didampingi Direktur Pengamanan, Kerjasama dan Perbatasan (Dirpamkersamtas) Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono, S.H., M. Tr (han) dan  Kepala Dinas Hidrografi (Kadishidro) Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, M.M.,  ini dilakukan usai menghadiri pertemuan International Hydrographic Organization (IHO) Inter-Regional Coordinating Committee (IRCC) yang berlangsung di Genoa.

Kapushidrosal yang juga merupakan Indonesian Chief Hydrographer  tersebut diterima oleh Italian  National Hydrographer Rear Admiral Luigi Sinapi. Pada kesempatan itu, Rear Admiral Luigi Sinapi menunjukkan  semua sistem mekanisme /flowline kerja pemetaan dari akuisisi data hingga proses charting, yang kesemuanya hampir sama dengan sistem mekanisme kerja yang dilakukan Pushidrosal, yaitu pengumpulan data hidrografi di lapangan melalui survei,  pengolahan data, hingga proses pembuatan peta.

Pada pertemuan itu, kedua Chief Hydrographer masing-masing negara sepakat untuk lebih meningkatkan kerjasama dan kemampuan  antara kedua kantor hidrografi, utamanya dalam pengembangan dan pembangunan capacity building untuk meningkatkan profesionalitas personel hidrografi dihadapkan dengan tuntutan global bidang kemaritiman khususnya aspek hidrografi. Pada kesempatan itu Rear Admiral Luigi Sinapi juga mengutarakan keinginannya untuk mengunjungi Indonesia (Pushidrosal).

Menurut Kapushidrosal, banyak hal yg dapat diambil manfaatnya dari kunjungan ini, di antaranya penguatan organisasi hidrografi (di Italy ada aturan yg mengatur kebijakan nasional  hidrografi melalui decree of the president of the Republic nomor 90 tanggal 15 March 2010), pengaturan kebijakan pelaksanaan survei hidrografi nasioanal, serta Hal lain seperti  lesson learn dan dukungan terhadap pengembangan pengetahuan hydrography forum military.

Istituto Hidrografico della Marina (IIM) atau Italian Hydrographic Institute  adalah Kantor Hidrografi Angkatan Laut Italia dan bertanggung jawab atas semua dokumentasi kemaritiman resmi yang diterbitkan di Italia seperti peta laut (paper charts dan Electronic Navigational Chart) dan telah beroperasi di Genoa sejak tahun 1872.

 
 

Hari Pertama Kerja, Bakamla Gelar Halal Bi Halal

Jakarta. Harianaaional.com-Ratusan personel Bakamla yang berdinas di Jakarta melaksanakan Halal Bi Halal bersama Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R., di lapangan apel Mabes Bakamla, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin  (10/6/2019).

Sebelum kegiatan Halal BI Halal dimulai, dilaksanakan apel bersama pasca menjalani libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dalam rangka pemeriksaan personel terkait disiplin dan etos kerja sekaligus menindak lanjuti surat edaran Sestama dan himbauan dari Kemenpan RB.

Kepala Bakamla selaku penerima apel menyampaikan dua pokok arahannya. Pertama, "Halal Bi Halal merupakan suatu tradisi setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dan ini sebagai momen untuk saling bersilaturahmi dan secara pribadi saya dapat mengenal wajah satu persatu personel Bakamla," pungkas Laksdya Taufiq.

Kedua, "hasil Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) BPK menyatakan bahwa Bakamla mendapatkan penilaian Disclaimer kembali. Ini merupakan penilaian yang jujur dan menjadi pelajaran bagi keuangan kita untuk secepatnya diperbaiki. Kemampuan dan karakter dari diri kita harus segera dirubah, jangan takut melaksanakan kontrak kerja asal tidak ada niat untuk mengambil sepeserpun," terang Laksdya Taufiq.

Secara serentak apel bersama dan Halal Bi Halal juga dilaksanakan di seluruh kantor Bakamla yaitu Kantor Zona Kamla Barat, Kantor Zona Kamla Tengah, Kantor Zona Kamla Timur, 12 Kantor Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan 2 kantor Ground Station (GS).

Kepala Bakamla tampak didampingi oleh Ketua DWP Bakamla Ny. Ina Taufiq R., beserta seluruh  pejabat teras Bakamla.(Humas/Irv).

 
 

Sidang MSC 101st, Bakamla Upayakan Penguatan Posisi Bargaining Indonesia di Dunia Internasional

London. Harianasional.com-Delegasi RI akan memperjuangkan dan mengukuhkan kembali finalisasi hak – hak Indonesia dalam menyelenggarakan Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok, dengan harapan agar bangsa Indonesia dapat memiliki posisi bargaining yang lebih kuat di dunia Internasional dalam memperjuangkan wilayah kedaulatan maritime, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kemajuan dan kejayaan maritim.

Hal itu dikatakan perwakilan Badan Keamanan Laut, Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim saat menghadiri sidang Maritime Safety Committte (MSC) 101st session, di London, Inggris.

Kegiatan berlangsung pada 5 hingga 15 Juni mendatang, di Kantor International Maritime Organization (IMO). Adapun Bakamla tergabung bersama anggota delegasi RI lainnya yaitu dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Pelindo, dan Pushidros TNI AL, untuk memperkuat posisi RI pada sidang-sidang MSC 101st  IMO beberapa hari kedepan. Hal ini merupakan bentuk komitmen Bakamla yang mengemban fungsi sebagai Indonesian Coast Guard untuk selalu berperan aktif dalam diplomasi maritime.

Sidang dibuka pada Rabu (5/6) dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal IMO, H.E. Kitack Lim. Adapun agenda yang akan dibahas yaitu; credentials, Decisions of Other IMO bodies, Regulatory scoping exercise for the use of Maritime Autonomous Surface Ships (MASS), Goal-based new ship construction standards, Pollution prevention and response (fuel oil matters only), Development of further measures to enhance the safety of ships relating to the use of fuel oil.

Sidang MSC101st IMO kali ini dihadiri oleh hampir 160 negara dari 172 negara anggota IMO. Pada hari pertama sidang dibagi dalam tiga working group. Beberapa masukan penting diberikan delegasi Indonesia dalam pembuatan dokumen MASS, yaitu pentingnya mempertimbangkan aspek komunikasi, perijinan kepada Port Authority, Ciber Security, Seafarear Qualification, Liability Aspect of The Ship dan  Situation Under Distress.

Sebagai Indonesian Coast Guard, Bakamla menyuarakan tentang Measures To Enhance Maritime Security, Piracy And Armed Robbery Against Ships, Unsafe Mixed Migration By Sea dan Formal Safety Assessment. Di bidang Maritime Security Bakamla menjadi leading sector dalam Heads Of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) melalui pelatihan yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu dengan menghadirkan 17 Negara anggota HACGAM. Hal ini telah menjadi upaya Bakamla sebagai leading sector salah satu Pilar dalam forum HACGAM yaitu Capacity Building, dimana terhitung sejak tahun 2017 Bakamla berkomitmen untuk secara langsung memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota-anggota HACGAM.

Selain itu, Bakamla juga menjadi tuan rumah dalam beberapa kali penyelenggaraan  Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) dengan mengundang 22 negara untuk membahas tentang permasalahan maritime, termasuk menyangkut aspek hukum laut. Perencanaan pembangunan Bakamla kedepan tidak hanya dibidang Capacity Building akan tetapi juga pembangunan infrastruktur yang mampu memberikan informasi maupun data-data yang akurat terhadap aktivitas-aktivitas di laut secara real time dan terhubung dari tiap-tiap Coastal Station atau Mobile Station dengan Command Center yang berada di Markas Bakamla, sehingga mampu menekan pelanggaran atau tindak illegal dilaut serta memberikan respon cepat terhadap tindak kejahatan maupun SAR di laut.(Humas/Irv).

 
 

Page 1 of 212

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

3 Steps to Reach Your Body

3 Steps to Reach Your Body

Jakarta.Harianasional.com-WRP dan Shopee Indonesia hari ini membuka rahasia mudahnya wanita Indonesia...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

“Bersama Rayakan Kemenangan” Kampanye vivo untuk Hari Raya

Jakarta.Harianasional.com-Ramadan yang sedang berjalan dan hari raya yang akan segera menjelang identik...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Santunan Anak yatim dan Dhuafa dari 17 Desa/Kelurahan Lingkar Kampus dan Putra-Putri Pegawai IPB 1440 H

Santunan Anak yatim dan Dhuafa dari 17 Desa/Kelurahan Lingkar Kampus dan Putra-Putri Pegawai IPB 1440 H

Bogor.Harianasional.com-Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Ramadhan tahun ini kembali menggelar Santunan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com