Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Kepala Bakamla Terima Audiensi Global Fishing Watch - Sunday, 15 September 2019 10:02
Entertainment: Ras Muhamad dan Souljah Ajak Pengunjung Ancol Bergoyang Reggae - Saturday, 14 September 2019 11:58
Metro: Setetes Kasih Sejuta Harapan, Hotel 1O1 Bogor Adakan Donor Darah... - Saturday, 14 September 2019 11:54
Ekobis: Salim Grup Gandeng Blizzard Bawa Games World of Warcraft - Friday, 13 September 2019 09:53
Entertainment: Denny Darko Akan Keluarkan Trik-Trik Sulap Baru di "Dufan Magic... - Friday, 13 September 2019 02:21
Entertainment: Gelar Karya Film Pelajar Kembali Digelar, Aktor Reza Rahadian Menjadi... - Wednesday, 11 September 2019 11:57
Life and Style: Objek Foto Sunset Yang Indah Ada di Putri Duyung Resort... - Wednesday, 11 September 2019 11:38
nusantara: USCG Bahas Tindak Lanjut Kerja Sama dengan Bakamla RI/IDNCG - Saturday, 07 September 2019 12:50
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

headline

Kepala Bakamla Terima Audiensi Global Fishing Watch

Jakarta. Harianasional.com-Sebagai upaya untuk mewujudkan lautan yang sehat, produktif dan tangguh dimana tata kelola sumber daya laut yang transparan dan efektif mendukung keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan, Bakamla menerima kunjungan dari Global Fishing Watch (GFW) di Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat beberapa hari lalu.

Kehadiran Program Manager Global Fishing Watch Indonesia Ahmad Aki Baihaki beserta Junior Analyst GFW Liva Junaedi, Fisheries Analyst GFW Wildan Ghifari dan Outreach Officer GFW Rizqi Rahman disambut hangat oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

Maksud kedatangan GFW ini adalah untuk menguatkan kerja sama GFW dan Bakamla agar dapat saling membantu lebih baik lagi. Hasil analisis kapal Vietnam kami yang ditindaklanjuti Bakamla dan membuahkan keberhasilan penangkapan adalah salah satu karya nyata kolaborasi GFW bersama Bakamla.

Mengawali pertemuan itu, Kepala Bakamla menjelaskan mengapa Indonesia perlu Coast Guard. Setiap negara mempunyai masalah yang sama terkait maritime security, oleh karena itu kita tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut sendirian. "Memonitor semua kegiatan di laut legal maupun illegal, kemampuan surveillance perlu ditingkatkan dan kehadiran GFW sangat membantu terkait hal tersebut," terang Laksdya Taufiq.

Program Manager Global Fishing Watch Indonesia Ahmad Aki Baihaki mengucapkan terima kasih sudah disambut baik di tengah kesibukan Kepala Bakamla dalam kegiatannya. Dalam kesempatan yang baik itu pula Ahmad Aki Baihaki mengatakan bahwa GFW adalah organisasi nirlaba internasional yang independen dibentuk melalui kolaborasi antar mitra Oceana, Organisasi Konservasi Lautan Internasional, Skytruth dan para ahli dalam menggunakan teknologi satelit untuk melindungi lingkungan laut Indonesia.

Setelah pertemuan ini silahkan ditindaklanjuti dengan MoU apa yang bisa kita kerjakan nantinya bersama-sama," kata Laksdya Taufiq.

Dalam pertemuan ini Kepala Bakamla didampingi oleh Sestama Bakamla Laksda Bakamla S. Irawan, M.M., Plh. Direktur Kerja sama Bakamla Kolonel Bakamla Salim dan Kepala Subdirektorat Dukungan Operasi Kolonel Bakamla Joni Junaidi, A.Pi., S.Pi.,M.Si.(Humas/Irv).

 

USCG Bahas Tindak Lanjut Kerja Sama dengan Bakamla RI/IDNCG

Jakarta.Harianasional.com-Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla TSNB Hutabarat menyambut kedatangan Senior Maritime Advisor United States Coast Guard (USCG) Captain (Ret) James Duval, di Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka membahas lebih lanjut kerja sama antara Bakamla RI/IDNCG dengan USCG terkait pembangunan Pusdiklat dan Puskodal.
Dalam rapat yang dipimpin oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., Captain (Ret) Duval membahas komponen rencana kerja yang meliputi serangkaian kegiatan pengembangan dan pelatihan di tahun 2020 mendatang. Termasuk di dalamnya pembahasan pembangunan Maritime Training Center Development, Operations/Fusion Center Facility Development, Basic Seamanship Training Program, Maritime Boarding Officer Training Program, Organizational Program Development, serta Engineering Maintenance Management and Logistic Process Development Assessment.

Pertemuan juga membahas rencana program kerja jangka pendek yang akan dilaksanakan mulai bulan September 2019 hingga Januari 2020. Program tersebut antara lain Legal Subject Matter Exchange Team Engagement, dan Document/Template Exchange.

Kedua instansi berharap agar kerja sama yang dibangun dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Bakamla RI sebagai instansi yang mengemban fungsi Coast Guard, berkomitmen untuk mengerahkan kemampuan optimal dalam mengamankan perairan Nusantara.

Jajaran pejabat Bakamla RI turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Si, Kepala Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI Kolonel Bakamla Ferry Johansyah, S.T., Kasubdit Penyelenggaran Latihan Kolonel Bakamla Jukiman Situmorang, S.I.K, M.Hum., Letkol Laut Rio, dan jajaran staf Direktorat Kerja Sama, Direktorat Strategi, dan Direktorat Latihan.

 

 
 

RS Persahabatan Adakan Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan Haji dan Umroh dengan Harga Murah

Jakarta.Harianasional.com-Rumah Sakit Persahabatan Jakarta membuka Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan Haji dan Umrah atau Instalasi Pemeriksaan Medik Terpadu (IPMT).Hal ini disampaikan oleh Dr. Anita Plorence Paulus, SpKFR selaku kepala Instalasi Pemeriksaan Medik Terpadu (IPTM), saat ditemui disela-sela acara Gathering di Aula RS Persahabatan, Jumat (6/9/2019).

IPTM ini atau lebih gampangnya disebut Medikal Cek Up selain melakukan cek kesehatan untuk jamaah Umroh dan Haji kita juga melakukan memeriksa kesehatan fisik, mental, rohani dan jiwa dimana kita lakukan hal tersebut karena merupakan standar dari WHO, hal ini akan membuat kita secepat mungkin untuk melakukan tindakan prefentip dalam menjaga kesehatan," terang Plorence.

Dalam beberapa hal yang sering kita temukan di klinik banyak jamaah Haji atau Umroh yang mengatakan bahwa dia baru mengalami penyakit seperti cuci darah, strok, jantung dan mengatakan apakah kami bisa untuk melakukan Haji atau Umroh, karena bulan depan kami berencana untuk pergi Haji atau Umroh, nah disini kita tidak dapat secara langsung memberikan rekomendasi boleh atau tidak tanpa ada pemeriksaan terlebih dahulu nah disinilah hal yang baru di IPTM," ungkap Plorence.

Untuk itu kita melakukan pemeriksaan dan menemukan serta melakukan tindakan prefentatif agar jamaah dapat untuk menunaikan ibadah Haji atau Umroh, oleh karena itu kita lakukan cek kondisi fit atau tidak fitnya, dari sini kita bisa menilai kondisi fisiknya si jamaah dan kita dapat memperbaikin kondisi fitnesnya gar lebih baik sehingga pasien dapat melakukan pergi Haji atau Umroh," jelas Plorence. 

Disinilah bedanya dengan RS umum lainnya dengan RS Persahabatan Jakarta dimana kita memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kesehatan bagi calon jemaah Haji dan umrah,” tutur Plorence.

Lebih enaknya lagi di RS persahabatan dalam pemeriksaan dilakukan disatu lokasi/tempat dan pasien tidak jauh-jauh pergi ketempat yang lain dan dokter yang mendatangi pasien, jadi dalam sehari itu pemeriksaan dapat selesai dan untuk hasilnya baru dapat diketahui esoknya. Nah untuk perlakukan hal ini kami membuat tabel biaya yang sangat murah dan terjangkau oleh pasien," papar Plorence.

Sementara itu, dr. Mohammad Ali Toha,MRS Direktur RS Persahabatan Jakarta, mengatakan  mengapa kita melakukan pelayanan dan pengembangan pemeriksaan kesehatan untuk Haji dan Umroh karena sudah banyak dianjurkan sebelum melakukan Haji dan Umroh diminta untuk melakukan pemeriksaan diri untuk kesehatan, karena banyak pandangan yang salah dimana kalau kita sakit harus minum obat hal inilah yang membuat kita kurang sehat dalam melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

Lebih lanjut Ali menambahkan, kesadaran kita untuk selalu menjaga kesehatan memanglah sangat kurang dirasakan dan oleh karea itu RS Persahabatan dalam hal untuk menjaga vaksin agar tetap terjaga dengan baik dalam proses penggunaannya maka kita membentuk suplychane karena dari sini kita dapat mengawasi dari pabrik sampai kekonsumen sehingga vaksin ini dapat terjaga dengan baik sampai digunakan, tetapi jika suplychane ini tidak bekerja dengan baik maka vaksin yang ada tidak ada manfaatnya ketika sampai ke pasien.

Oleh karena itu kami selalu menekankan bahwa mengembangkan rumah sakit ini kami tidak membangun rumah sakit yang mewah tetapi membangun rumah sakit yang mengutamakan kualitas dan keselamatan pasien dan ini perlu disosialisaikan agar kita dapat selalu bekerjasama dengan baik," tutup Ali.

 

 
 

Bakamla RI Libatkan Unsur Zona Maritim Barat Latihan Bersama SEACAT 2019

Jakarta. Harianasional.com-Sejumlah personel Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) yang bertugas di wilayah Zona Maritim Barat mengikuti Latihan Bersama South East Asia Cooperation and Training (SEACAT), di Perairan Asia Tenggara, Singapura dan Filipina, beberapa hari lalu.

Latihan bersama Command Post Exercise (CPE) dan Field Training Exercise (FTX) digelar sejak 26 hingga 30 Agustus 2019. Selama menjalani 5 hari pelatihan dengan instruktur dari Amerika, para peserta mempelajari materi latihan tentang Hukum Laut serta mempertajam kemampuan boarding party dan peran pemeriksaan penggeledahan terhadap kapal target. Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam pelatihan ini antara lain ABK KN Bintang Laut 401, personel Zona Maritim Barat Batam, dan Special Response Team (SRT).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Latihan Bakamla RI ini merupakan latihan multilateral yang diprakarsai oleh Amerika Serikat (AS) dibidang keamanan maritim (Maritime Security / MARSEC) dan information sharing di wilayah Asia Tenggara. Latihan bersama ini digelar untuk meningkatkan kemampuan sumber daya Bakamla RI khususnya pengawak kapal patroli Bakamla.

Bakamla RI mulai terlibat dalam Latma SEACAT sejak tahun 2017. Pada tahun 2018, Bakamla RI berpartisipasi dengan mengirimkan KN Belut Laut 4801, 1 Tim VBSS dan 2 Liaison Officer (LNO), dimana KN Belut Laut 4801 melaksanakan latihan boarding terhadap kapal target (Vessel of Interest / VOI) dengan menurunkan 1 Tim VBSS gabungan bersama Tim VBSS TNI AL. Pada tahun 2019 Latma SEACAT melibatkan 1 unsur KN Bintang Laut 401 beserta RHIB yang berada di Batam, ABK serta 1 Tim VBSS.

Latihan bersama SEACAT bertujuan untuk Meningkatkan hubungan kerjasama negara-negara Asia Tenggara dalam mengatasi tindak pidana di laut, meningkatkan kerjasama, interoperability dan krisis respon diantara Angkatan Laut, Coast Guard dan Instansi Penegakan Hukum Laut di wilayah Asia Tenggara.(Humas/Irv).

 
 

Kapushidrosal Pimpin Upacara Penghapusan KRI Pulau Rote - 721

Jakarta. Harianasional.com-Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin upacara penghapusan KRI Pulau Rote-721 dari kedinasan aktif TNI Angkatan Laut di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (28/8).

Ini merupakan momentum membanggakan dan sekaligus mengharukan bagi sejarah TNI Angkatan Laut. Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pulau Rote ini merupakan jenis kapal survey penyapu ranjau yang bertugas sejak tahun 1993 bersama Pushidrosal.

KRI Pulau Rote-721 telah secara aktif mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut secara signifikan. Tugas-tugas operasi servei dan pemetaan yang diemban oleh KRI tersebut sesuai dengan fungsi azasinya sebagai kapal bantu Hidro-oseanografi (BHO), telah menunjang tugas-tugas survei dan pemetaan hidro-oseanografi Pushidrosal.

“Upacara penghapusan KRI, hakikatnya adalah untuk mengantar alut sista memasuki masa purnabaktinya setelah sekian tahun mengabdi kepada TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu mari kita renungi dan mengambil hikmah dari upacara penghapusan ini, bahwa hanya dengan pengabdian terbaik sajalah maka nama dan bakti kita akan abadi dalam sejarah TNI Angkatan Laut”. Ujar Kasal.

Upacara penghapusan ini merupakan bagian dari siklus daur ulang alutsista yang merupakan program TNI Angkatan laut dalam pengembangan kekuatan dan juga peremajaan alutsista. sesuai dengan tuntutan serta kompleksitas dinamika lingkungan strategis saat ini, hal ini ditujukan untuk mencapai visi Angkatan Laut dalam melaksanakan proyeksi secara regional dengan komitmen global.

Diakhir amanatnya Kasal berpesan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut, untuk senantiasa meresapi dan menghayati tekad pengabdian tanpa syarat sebagaimana pengabdian KRI Pulau Rote-721 selama ini kepada TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara. Pengabdian KRI Pulau Rote-721 merupakan hikayat yang tidak akan pernah terlepaskan dari setiap insan prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya bagi mereka yang pernah mengabdikan masa keprajuritannya bersama kapal ini yang akan terus terpatri dalam lubuk sanubari kita sebagai Jalasena pengawal samudra.

Upacara kali ini dilaksanakan dengan khidmat, diawali penaikan bendera merah putih ditandai dengan penurunan bendera Ular-Ular Perang. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Letkol Laut (P) Hengky Iriawan, S.T. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Spica-934.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat utama Pushidrosal, para prajurit yang terbagi dari beberapa  kompi antara lain kompi Perwira, Bintara dan Tamtama Pushidrosal dan 1 regu Korsik Lantamal III Jakarta.

 
 

Page 1 of 219

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Setul.Harianasional.com-Dalam rangka memperingati bulan Alzheimer dunia, komunitas ALZI Chapter Bogor...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

vivo Indonesia Resmikan Store Terbaru Di Central Park

Jakarta. Harianasional.com-Memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman bagi konsumen,...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

UCWeb Donasikan 10.000 Buku Dalam Rangka Memperingati 9.5 Philanthropy Week

UCWeb Donasikan 10.000 Buku Dalam Rangka Memperingati 9.5 Philanthropy Week

Jakarta.Harianasional.com-Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Central Connecticut State University,...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com