Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Metro: Ustd Taufik Saleh Ditetapkan Menjadi Ketua Umum Mesdji Al-Nizham - Saturday, 26 September 2020 03:44
Kesehatan: Jadilah Pemenang Melawan Pandemi - Friday, 25 September 2020 14:37
nusantara: Ketum Iluni UI Berharap Ada Terobosan Masalah Omnibus Law - Friday, 25 September 2020 14:29
Entertainment: Teaser Story of Kale Akan Dirilis di Konser NKCTHI - Thursday, 24 September 2020 09:01
nusantara: IIBF Gandeng Shopee Gelar Pameran Virtual 2020 - Thursday, 24 September 2020 07:30
nusantara: Kemensos RI Gandeng Bakamla dan BNPB Salurkan Bansos ke Natuna - Tuesday, 22 September 2020 15:39
nusantara: Sebagian Besar Pegawai Kemenkes Positif COVID-19 Sudah Sembuh - Monday, 21 September 2020 09:57
nusantara: Rekrut atau PHK Karyawan Menjadi Dilema di Masa Pandemi Covid-19 - Friday, 18 September 2020 11:48
Metro: Dufan Bagikan 3500 Mainan Ke Anak-Anak Panti Asuhan - Saturday, 12 September 2020 13:10
Metro: Taman Impian Jaya Ancol Kembali di Tutup Dalam Masa PSBB... - Thursday, 10 September 2020 14:00
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ekobis

Telkompajakku Sediakan Teknologi Digitalisasi Perpajakan Untuk Empat Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

Jakarta. Harianasional.com-Telkompajakku, unit bisnis dari TelkomMetra, secara resmi menyediakan layanan dan teknologi digitalisasi pajak, untuk MIND.ID, yang merupakan induk atau holding company dari PT. Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), PT. Freeport Indonesia, PT. Timah Tbk, PT. Bukit Asam Tbk. Kerjasama ini secara resmi ditandai dengan penandatanganan MOU antara MIN.ID dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada 4 September 2020 lalu.

Teknologi yang dikembangkan Telkompajakku dapat membantu Wajib Pajak Badan yang tergabung dalam MIND.ID Group untuk melakukan digitalisasi data perpajakan, sehingga Wajib Pajak Badan lebih efektif dan efisien dalam proses perpajakan “Hitung, Bayar dan Lapor” dengan lebih transparan, cepat, mudah dan akurat.

“Peran MIND.ID sebagai pemimpin industri pertambangan, sangat signifikan bagi ekonomi Indonesia, dan kami sangat senang bisa membantu keempat perusahaan ini menuju digitalisasi perpajakan. Digitalisasi perpajakan akan membantu perusahaan dalam hal Tax of Compliance, yang selain membantu mereka agar melapor dengan tepat, tapi juga akan berkontribusi kepada ekonomi Indonesia”,” ujar Roby Roediyanto, selaku Plt. Direktur Utama TelkomMetra.

Digitalisasi pajak lewat teknologi Telkompajakku, juga memungkinkan keempat perusahaan tambang besar yang tergabung dalam MIND.ID juga dapat melakukan Integrasi Data Perpajakan, sehingga memungkinkan perusahaan mengurangi resiko Cost of Compliances atau pengenaan sanksi atau denda yang diakibatkan oleh kesalahan pelaporan pajak.

Kemajuan teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk dilakukan digitalisasi perpajakan. Harapan kami ini bisa membantu perusahaan untuk lebih efisien mengurus pajak badan, dan supaya bisa lebih comply dan memberi kontribusi positif untuk ekonomi Indonesia.," ujar Iwan Djuniardi Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Pajak.

Kontribusi dari keempat perusahaan tambang dan mineral yang tergabung dalam MIND ID cukup signifikan terhadap penerimaan pajak Indonesia. Dari total Rp 66,1 triliun realisasi penerimaan pajak dari sektor tambang, kontribusi setoran pajak MIND ID mencapai Rp 16,15 triliun sepanjang tahun 2019.

Telkompajakku beroperasi sejak 2018 dan berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk membantu berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara menuju digitalisasi perpajakan, seperti PT Bio Farma PT Wijaya Karya, PT. Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Bhanda Ghara Reksa. Telkompajakku juga telah membantu digitalisasi perpajakan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) hingga mendapatkan predikat WP Patuh sebagai bentuk transparansi pelaporan pajak yang paripurna.

Sebagai salah satu anak usaha Telkom, TelkomMetra melengkapi solusi digital Telkom di area perpajakan untuk membantu mendorong transformasi digital di Indonesia. “Kami berharap kerjasama ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain di Indonesia, tidak hanya BUMN melainkan juga perusahaan swasta dalam menerapkan digitalisasi perpajakan untuk mempercepat transformasi digital yang mendorong perusahaan menjadi lebih produktif, efisien dan aman,” ujar Edi Witjara, Direktur Enterprise Business Service Telkom.

 

DYAN Fokus pada Pengembangan Bisnis Tourism Leisure Di Era New Normal

Jakarta. Harianasional.com-Menghadapi era new normal, PT Dyandra Media International Tbk, perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 26 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) fokus dalam pengembangan bisnis tourism leisure melalui unit bisnis PT Mitra Natura Raya (MNR) yang mengelola empat Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Semenjak telah diterbitkannya izin secara bertahap oleh Pemerintah untuk membuka tempat usaha dan tempat rekreasi, Corporate Secretary DYAN yang juga merangkap sebagai Direktur Utama PT Dyandra Promosindo dan Direktur PT Dyandra Media International Tbk, Hendra Noor Saleh, mengemukakan bahwa dengan ditingkatkannya kualitas pelayanan pengunjung, promosi dan pengelolaan yang terintegrasi di empat Kebun Raya sangat berdampak terhadap kinerja perseroan. Bahkan sejak mulai beroperasi di awal bulan Juli 2020 secara bertahap, jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Kolaborasi dengan pihak lain juga terus ditingkatkan seperti beraliansi dengan Bank BRI, melalui kartu BRIZZI edisi Kebun Raya, yang baru saja diluncurkan pada Selasa (25/8) kemarin bertepatan dengan perayaan HUT Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ke-53.

Konsep baru yang ditawarkan oleh MNR kepada masyarakat dalam menikmati Kebun Raya yaitu dengan memberikan layanan bertemakan “Tour de Kebun Raya”, dimana pengunjung bisa mendapatkan pengalaman menarik untuk berkeliling Kebun Raya dipandu oleh tour guide andalan. Hanya dengan membayar sebesar Rp 50.000,- sudah bisa menikmati sekaligus belajar di Kebun Raya. Selain itu, program lainnya yang ditawarkan adalah “Kelas Berkebun”, dimana pengunjung bisa mempelajari dasar berkebun dan kelas berbagai macam tumbuhan seperti Araceae, Anggrek hingga Sukulen.

Bisnis baru DYAN sebagai operator venue merupakan salah satu solusi dan strategi di tengah pandemi COVID-19, di saat penyelenggarakan event belum bisa kembali aktif. Manajemen terus berinovasi saat permintaan pasar berubah dengan cepat dan dinamis. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan pendapatan perseroan dan membuka peluang bisnis baru.

Tantangan DYAN di Era New Normal

Bisnis industri MICE baik nasional maupun internasional mengalami hantaman yang luar biasa sejak pandemi COVID-19. Berdasarkan riset yang dihimpun oleh UFI – The Global Association of the Exhibition Industry periode semester 1 – 2020, yang terdiri dari representatives 62 negara, 73% perusahaan yang bergerak di industri exhibition di seluruh dunia melaporkan penghentian proses bisnis/ aktivitas perusahaan berlangsung sejak bulan April dan Mei 2020.

DYAN melalui unit bisnis Dyandra Promosindo yang bergerak di bidang event and exhibition organizer business juga tidak dapat melakukan proses bisnis sejak pandemi COVID-19, sehubungan dengan kebijakan dan regulasi pemerintah demi menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas. Hal ini berdampak pada penundaan event bahkan pembatalan event.

Hendra Noor Saleh mengungkapkan bahwa perseroan tetap berupaya untuk memaksimalkan potensi pendapatan Dyandra dari pos pendapatan lain seperti penyelenggaraan virtual event, penyelenggaraan online music concert, penjualan tiket virtual experience secara online, food and beverages business, official merchandise via online (fashion apparel, bag, accessories dan lain-lain), Website Seminar (webinar), program pelatihan pendidikan industri MICE melalui Dyandra Academy bahkan mempercepat penggunaan teknologi digital di semua lini bisnis. Selain itu kami juga tengah memaksimalkan konsep hybrid event yang merupakan perpaduan antara pertemuan virtual dan fisik. Melalui unit bisnis lain seperti PT Nusa Dua Indonesia (Convention & Exhibition Hall Business), PT Samudra Dyan Praga (Supporting Event Business) dan PT Graha Multi Utama (Hotel Business), Perseroan tetap melakukan integrasi yang intensif serta berkelanjutan antar bisnis unit dan memanfaatkan momentum pandemi ini untuk menggali potensi peluang kerjasama lain di luar business as usual.

“Kami selaku pelaku industri MICE berharap dengan rencana aktifnya kembali penyelenggaraan event, industri ini tetap dapat tumbuh dan berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian. Dukungan dari semua stakeholder, pemangku kepentingan, pemerintah pusat dan masyarakat luas sangat kami harapkan demi bangkitnya industri MICE. Perseroan menargetkan akhir tahun 2020 merupakan titik awal dimulainya penyelenggaraan event, sejak mengalami vacuum di Maret 2020. DYAN tetap optimis dan menganalisa bahwa geliat industri MICE akan kembali normal di tahun 2021 mendatang”, tutup Kohen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh.

 
 

Dukung Pemerintah Majukan UMKM, TopKarir Gratiskan Pemasangan Iklan Lowongan Kerja bagi UMKM

Jakarta. Harianasional.com-TopKarir, startup lokal yang membantu perusahaan mencari dan mengembangkan talenta siap kerja secara mudah dan efektif lewat teknologi dan BIG data, berupaya membantu pemerintah memajukan UMKM di masa pandemi dengan menggratiskan pemasangan iklan lowongan kerja selama tiga bulan melalui platform TopKarir.

Pelaku UMKM yang berminat dapat mendaftar mulai 26 Agustus hingga 30 September 2020. Persyaratan utama UMKM untuk mendaftar adalah memiliki usaha berbadan hukum.

Hal ini dilakukan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan manajemen usaha dan penjualan dengan merekrut talenta muda berbakat secara lebih efektif dan efisien. Selayaknya pemain baru, UMKM mengalami kesulitan dalam proses rekrutmen tenaga kerja yang sesuai kebutuhan serta kesulitan dalam mengembangkan kompetensi karyawan.

Bayu Janitra Wirjoatmodjo, CEO TopKarir, menyampaikan insiatif TopKarir untuk membantu UMKM berkembang, “Penting bagi ekonomi Indonesia untuk menjaga UMKM tetap kuat di masa pandemi Covid-19. Dengan pemasangan iklan lowongan kerja gratis di TopKarir, kami berharap mereka bisa menghemat biaya operasional, dan menemukan tim yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Biar kami yang bantu mencarikan talenta yang paling cocok, pelaku UMKM bisa fokus pada hal lainnya” lanjut Bayu.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah memperkirakan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2020 meningkat hingga 9,2%, atau 5,5 juta orang. Sementara, data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan, UMKM berkontribusi 99% dari total lapangan kerja dan menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia. Hal ini menunjukkan, besarnya peluang lapangan kerja yang diciptakan UMKM mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Oleh karena itu, Bayu melihat UMKM menjadi sektor penting untuk mendongkrak perekonomian bangsa secara merata. “Keberadaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia mampu meningkatkan perekonomian rakyat secara merata. Masyarakat yang berada di pelosok sekalipun, tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mendapatkan penghidupan layak. Mereka bisa berkarya di daerahnya sendiri” ujarnya.

Untuk pelaku UMKM mendapatkan akses pemasangan lowongan kerja gratis di TopKarir, pelaku UMKM di seluruh Indonesia dapat mendaftar melalui bit.ly/FreeUMKM mulai hari ini, 26 Agustus hingga 30 September 2020. UMKM yang memenuhi persyaratan akan dihubungi oleh TopKarir dan diberikan akses gratis selama tiga bulan hingga Desember 2020 untuk memasang lowongan kerja dan magang di platform TopKarir.

 
 

ALE: Digitalisasi Buka Peluang Raih Bisnis Paska Corona

Jakarta. Harianasional.com-Alcatel-Lucent Enterprise (ALE), pemimpin global dalam solusi komunikasi bisnis dan kolaborasi, baru-baru ini menggelar kegiatan Connex20 APAC Partner Virtual Series. Ini adalah kegiatan virtual pertama ALE untuk para partner yang menghadirkan kalangan eksekutif dari lebih dari 120 perusahaan. Selama tiga hari, para eksekutif ini saling berbagi mengenai cara terbaik dalam menjaga kelangsungan bisnis dan meningkatkan partisipasi pelanggan di era normal baru (new norm).

Dalam sambutannya, Jack Chen, CEO Alcatel-Lucent Enterprise, menyatakan partner memiliki peran penting dalam mendukung pelanggan menjaga kelangsungan bisnis mereka saat mereka melakukan transformasi bisnis. Ia menambahkan pandemi memang telah mengubah cara masyarakat hidup, bekerja, bersenang-senang, dan bepergian. Di sisi lain, kondisi ini membantu perusahaan melihat nilai penting dari perangkat berbasis awan (cloud) dan kolaborasi. Banyak perusahaan telah membangun tenaga kerja yang lebih produktif meski tidak bekerja dari kantor (remote working). “Tranformasi digital seharusnya tidak lagi sekadar menjadi pertimbangan tetapi menjadi jalur yang harus dilalui semua perusahaan secepat mungkin. Jika tidak, perusahaan akan kehilangan peluang yang telah menanti saat Covid-19 ini reda.”

Hasil utama dari kegiatan ini antara lain insight pelanggan yang menekankan bagaimana para partner ALE bisa menggunakan insight ini agar tetap sesuai dengan kondisi sekarang. Kegiatan ini juga membahas bagaimana pandemi Covid-19 mengubah prioritas pelanggan serta lebih fokus pada strategi investasi teknologi baru.

Selain itu, para peserta juga mengikuti diskusi panel yang menghadirkan perwakilan dari perusahaan partner ALE seperti DXC Technology, Exclusive Networks, dan iValue InfoSolutions. Tony Hughes, pendiri Sales IQ, menjadi salah satu pembicara yang hadir. Pembahasan diskusi panel menekankan pada tantangan yang dihadapi dan peluang yang ada dari lingkungan bisnis dan kondisi ekonomi saat ini. Beberapa poin yang dibahas para peserta secara mendalam antara lain:

Membekali karyawan dengan teknologi terbaru untuk mencari solusi bersama dengan pelanggan.

Kembali ke pedoman bisnis perusahaan dan menyesuaikan touchpoint pelanggan, jika diperlukan, dengan pedoman tersebut sebagai panduan.

Saat ini, business acumen (ketajaman bisnis untuk memanfaatkan peluang) mengharuskan perusahaan memiliki IQ (kecerdasan intelektual) + EQ (kecerdasan emosional) + TQ (kecerdasan teknologi).

“Kegiatan Connex20 virtual series memberi kami peluang berharga untuk langsung berinteraksi dengan partner serta memahami tantangan apa yang mereka hadapi dan mencari cara-cara untuk ‘Move Forward, Revitalize, and Thrive’ bersama. Saat ini, melakukan interaksi langsung cukup berisiko sehingga acara ini menjadi demikian penting karena semua partner kami bisa hadir dan saling belajar di satu tempat. Acara ini juga penuh dengan berbagai insight dan pembelajaran sehingga peserta benar-benar mendapatkan manfaat dari acara ini. Yang paling utama, kami ingin memperlihatkan kepada partner bahwa pandemi ini, meski sedikit menghambat bisnis, juga sekaligus menjadi akselerator bagi transformasi digital dan pengadopsian teknologi,” ujar Pierre Samson, APAC Senior Vice President, Alcatel-Lucent Enterprise.

Rukmini Glanard, Executive Vice President, Global Sales and Marketing, Alcatel-Lucent Enterprise, juga menjadi salah satu pembicara yang menekankan fokus ALE dalam menghadirkan solusi awan dan komunikasi yang lebih relevan kepada pelanggan. Ia menggarisbawahi kerjasama strategis terbaru antara ALE dan RingCentral, Inc., provider terdepan solusi komunikasi awan, kolaborasi, dan layanan pelanggan, bagaimana kedua perusahaan memperkenalkan solusi awan bersama, Rainbow Office powered by RingCentral. “ALE dan RingCentral bersama-sama akan membangun program yang memungkinkan kedua perusahaan memimpin layanan komunikasi awan untuk pelanggan dan partner di pasar enterprise,” pungkasnya. (Rilis/Irv).

 

 

 

 
 

Forklift Unggulan Trakindo Siap Mendukung Produktivitas Pekerjaan Material Mandling

Jakarta. Harianasional.com-Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, beragam sektor industri kembali menggeliat. Trakindo hadir dengan mengedepankan jajaran lini produk forklift untuk mendukung pekerjaan material handling di berbagai industri. Dilengkapi berbagai fitur unggulan, produk forklift dari Trakindo didesain untuk mendukung peningkatan produktivitas dan kemajuan bisnis pelanggan.

Lukas Silaban selaku Product Manager Forklift Trakindo menjelaskan, Trakindo siap mendukung peningkatan produktivitas pekerjaan material handling di masa adaptasi kebiasaan baru. “Forklift merupakan salah satu alat angkut utama dalam mobilisasi material berat di berbagai industri, seperti pergudangan, logistik, hingga manufaktur. Trakindo memiliki jajaran lini produk forklift unggulan, kali ini kita akan berkenalan lebih dekat dengan Cat DP25ND untuk kelas 2 ton, Cat DP30ND untuk kelas 3 ton, dan Cat DP50N untuk kelas 5 ton yang semuanya didukung beragam keunggulan untuk meningkatkan produktivitas para pelangan,” terang Lukas.

Fitur PDS (Presence Detection System)

Fitur keselamatan ini berfungsi untuk mengatur fungsi hidrolik seperti mengangkat dan menurunkan fork dan fungsi traveling seperti alat bergerak maju atau mundur hanya dapat dilakukan apabila operator berada di tempat duduknya, fitur ini dilengkapi sensitivitas sensor yang dapat disesuaikan dengan berat badan operator sehingga keselamatan kerja terjaga secara maksimal.

Khusus untuk forklift Cat DP50N sudah dilengkapi fitur PDS+  berupa fitur tambahan yang memberikan peringatan kecepatan kepada operator. Saat alat beroperasi pada kecepatan melebihi batas yang direkomendasikan oleh sistem, maka peringatan akan menyala di monitor LCD. Hal ini ditujukan agar membantu operator untuk memahami penggunaan alat yang aman, serta semakin hemat bahan bakar.

Kenyamanan Operator

Sisi kenyamanan operator pun turut diperhatikan dalam produk ini, mulai dari Full Suspension Seat, Tilt Steering dan LCD Panel, kombinasi dari fitur-fitur ini memberikan kenyamanan jangka panjang bagi operator agar tidak mudah lelah saat mengoperasikan produk ini, sehingga faktor keamanan dan produktivitas senantiasa terjaga.

Mudah Dioperasikan

Setiap forklift Cat mudah dioperasikan berkat radius putar yang kecil di kelasnya sehingga lebih produktif. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur Steering Synchronizer dan khusus pada kelas unit yang ditampilkan kali ini telah dilengkapi dengan Full Hydrostatic Steering System. Kedua fitur tersebut menjadikan putaran roda stir menjadi ringan, sehingga meskipun sedang mengangkut beban, operator tetap mudah mengoperasikannya, tak ketinggalan, manuver menjadi lebih lincah dan produktivitas lebih tinggi.

Ramah Lingkungan

Ditenagai oleh mesin diesel tangguh produk ini  juga telah disematkan kit biodiesel untuk menyesuaikan spesifikasi bahan bakar di Indonesia dan terstandarisasi  EPA (Environmental Protection Agency) Tier 2 yang membuatnya ramah lingkungan, pembakaran bahan bakar lebih sempurna, kinerja mesin lebih baik dan lebih hemat filter.

Forklift dari Trakindo juga dapat dikostumisasi dengan menambahkan attachment yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. “Kami menyediakan fitur yang umum dipergunakan di pasar tetapi juga memiliki berbagai variasi attachment untuk memenuhi kebutuhan. Tim kami siap memberi konsultasi attachment yang tepat untuk menunjang produktivitas kerja pelanggan,” tambah Lukas.

Pemaparan terkait rangkaian forklift Cat tersebut disampaikan Trakindo di ajang promosi virtual bertajuk Trakindo Care eVENT. Trakindo berkomitmen mendekatkan pelanggan dengan layanan Trakindo, termasuk di masa adaptasi kebiasaan baru. Program Trakindo Care eVENT dikemas dalam bentuk virtual yang memberi Informasi penawaran dan kemudahan bagi pelanggan dalam memperoleh produk, layanan dan solusi terbaik Trakindo di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, Trakindo juga memiliki fasilitas kelas dunia untuk menjamin kemudahan pelanggan setianya. Jaringan dukungan Trakindo yang berada di lebih dari 60 lokasi siap melayani pelanggan di seluruh Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Pelanggan juga dapat menghubungi Trakindo Contact Center 1-500-228 (1-500-CAT) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan Services Command Center. Selain itu, pelanggan juga dapat mengunduh  Aplikasi Trakindo Customer Apps melalui Apps Store dan Playstore untuk merasakan secara langsung beragam kemudahan untuk mengakses status transaksi dan pemberian informasi yang cepat dan tepat secara realtime.

 
 

Page 1 of 96

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jadilah Pemenang Melawan Pandemi

Jakarta. Harianasipnal.com-Tahukah Anda mengapa Liberte, Egalitie, Fraternite menjadi The National Motto...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

vivo X50 dengan Extreme Night Vision Mendukung Eksplorasi Low Light Smartphone Photography

Jakarta. Harianasional.com-Diperkenalkan sebagai Professional Photography Flagship Smartphone, vivo X50...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Hakuhodo Institute of Life and Living ASEAN Umumkan Hasil Riset Sei-Katsu-Sha

Hakuhodo Institute of Life and Living ASEAN Umumkan Hasil Riset Sei-Katsu-Sha

Jakarta. Harianasional.com-Hakuhodo Institute of Life and Living ASEAN (HILL ASEAN), institusi di bawah...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

IIMS Motobike Show 2020: Pionir Kompetisi Motor Listrik & Tawarkan Berbagai Program Inovatif

IIMS Motobike Show 2020: Pionir Kompetisi Motor Listrik & Tawarkan Berbagai Program Inovatif

Jakarta. Harianasioanl.com-PT Dyandra Promosindo (Dyandra) akan kembali menyelenggarakan pameran otomotif...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com